Aplikasi

2 Cara Membuat Kuis di Telegram dengan Mudah

Cara membuat kuis di Telegram mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan platform sosial media yang lagi populer sekarang ini.

Aplikasi Telegram sendiri memiliki banyak fitur-fitur menarik seperti membuat group chat, membuat polling, dan yang tidak kalah penting yaitu kita bisa membuat kuis di Telegram.

Kuis tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk melakukan berbagai keperluan misalnya, keperluan pendidikan, bisnis, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Mengingat jaman sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat, maka dengan membuat kuis ini bisa sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas pekerjaan khususnya bagi seorang tenaga pengajar.

Cara membuat kuis di Telegram juga tidaklah sulit untuk dilakukan. Bagi kalian yang penasaran bagaimana langkah-langkahnya, silahkan disimak artikel berikut.

Apa itu Telegram

Telegram adalah sebuah aplikasi pesan instan (instant messenger) yang dapat dipergunakan secara gratis dan dapat berjalan melalui koneksi jaringan internet.

Secara umum aplikasi Telegram ini tidak jauh berbeda dari aplikasi-aplikasi pesan instan lain seperti WhatsApp, Line, Facebook Messenger, dan lain sebagainya.

Aplikasi Telegram sudah banyak digunakan oleh orang-orang dengan total yang di install pengguna dari Google Play Store telah mencapai 1 juta lebih pengguna.

Kebanyakan orang-orang menginstal aplikasi Telegram ini karena mempunyai fitur-fitur bermanfaat seperti menyediakan penyimpanan file, ruang chatting, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Canva Secara Lengkap dan Mudah

Cara Membuat Kuis di Telegram

Cara membuat kuis di Telegram bisa dilakukan melalui 2 cara. Pertama yaitu menggunakan bot Telegram dan yang kedua, kita bisa langsung membuat kuis melalui group Telegram.

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara membuat kuis di Telegram, pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Telegram telah terpasang di perangkat yang kalian gunakan.

Jika belum, aplikasi ini bisa diinstal melalui Google Play Store bagi yang menggunakan smartphone Android atau App Store bagi yang menggunakan smartphone iPhone.

Pastikan juga kalau aplikasi Telegram yang terinstall merupakan versi terbaru untuk menghindari adanya gangguan selama pembuatan kuis tersebut.

Jika sudah, berikut cara-caranya:

1. Melalui Bot Telegram

Cara membuat kuis di Telegram yang pertama yaitu dengan menggunakan bantuan dari bot Telegram yang bernama Quiz Bot.

Bagi kalian yang penasaran bagaimana cara membuat kuis di telegram dengan menggunakan bot, silahkan disimak langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka aplikasi Telegram di perangkat kalian.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 2: Selanjutnya tekan icon Search yang berada di pojok kanan atas aplikasi.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 3: Berikutnya, silahkan ketikkan Quiz Bot di pencarian lalu tekan Quiz Bot tersebut. Tujuannya yaitu kita akan menambahkan bot Telegram yang nantinya akan membantu kita dalam pembuatan kuis.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 4: Setelah itu, tekan tombol START untuk menjalankan Quiz Bot lalu tekan lagi Buat Kuis Baru.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 5: Nah, selanjutnya silahkan masukkan judul kuis yang ingin dibuat menggunakan bantuan Quiz Bot dengan diawali dan diakhiri dengan tanda kutip.

Misalnya disini mimin ingin membuat kuis tentang pembuatan aplikasi, jadi mimin masukkan ‘5 pertanyaan tentang app developer’. selanjutnya tekan kirim dan tekan skip.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 6: Berikutnya untuk menampilkan tombol yang akan kita gunakan untuk membuat pertanyaan, silahkan tekan icon persegi yang ada didalam kolom chat lalu tekan lagi Buat Pertanyaan untuk membuat kuis.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 7: Setelah itu, silahkan masukkan pertanyaan yang ingin dibuat di kolom Poll question, kemudian masukkan pilihan jawaban dengan menekan Add an Options di kolom Quiz answers.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 8: Berikutnya, pilih jawaban yang benar dengan menceklis kolom jawaban lalu tekan Create.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 9: Sekarang kuis telah berhasil dibuat. Untuk mengedit kuis yang telah dibuat sebelumnya, kalian bisa mengetikkan /undo di kolom chat.

Jika kalian ingin membuat pertanyaan baru, silahkan tekan Buat Pertanyaan lalu ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas. Apabila kalian merasa kalau tidak ada lagi yang perlu diedit, ketikkan /done di kolom chat.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 9: Setelah semuanya selesai, selanjutnya kita juga bisa memilih berapa lama batas waktu yang ditentukan untuk menjawab kuis.

Disini mimin akan memilih batas waktu 10 detik untuk setiap kuis yang akan dijawab, tergantung dari panjangnya sebuah pertanyaan dan jawaban.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 10: Berikutnya kita bisa memilih apakah kita ingin mengacak pertanyaan dan jawaban dari kuis yang telah kita buat sebelumnya.

Apabila kalian hanya ingin mengacak pertanyaan kuis, silahkan tekan Hanya Pertanyaan, jika kalian ingin mengacak pertanyaan beserta jawaban kuis, silahkan tekan Acak Semua.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Langkah 11: Selesai deh, sekarang kuis yang telah kita buat di Telegram dengan menggunakan bantuan Quiz bot telah siap digunakan dan dibagikan kedalam group.

Cara Membuat Kuis di Telegram

2. Melalui Group Telegram

Selain menggunakan bantuan bot Telegram, kita juga bisa membuat kuis langsung dari group Telegram. Caranya bisa dibilang cukup simpel dan sangat mudah dilakukan.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama: Silahkan masuk ke dalam group Telegram terlebih dahulu.

Kedua: Selanjutnya silahkan tekan icon attachment lalu pilih Poll.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Ketiga: Silahkan isikan pertanyaan dan jawaban dari kuis yang akan dibuat. kurang lebih caranya sama seperti dengan menggunakan Quiz Bot diatas.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Keempat: Kemudian scroll sedikit kebawah lalu aktifkan Quiz Mode yang ada pada tab Settings untuk mengubah Polling menjadi pertanyaan kuis, lalu tekan Create.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Kelima: Selesai, sekarang kuis telah dibuat dan bisa langsung dijawab oleh anggota-anggota group Telegram.

Cara Membuat Kuis di Telegram

Penutup

Kurang lebih seperti itulah cara membuat kuis di Telegram dengan menggunakan bantuan bot Telegram yang bernama Quiz Bot dan melalui group Telegram itu sendiri.

Sebenarnya, kedua cara diatas sama-sama bisa membantu kita dalam membuat suatu kuis, namun semuanya kembali lagi ke pilihan kalian masing-masing.

Jika kalian ingin membuat kuis yang bersifat lebih formal, sebaiknya gunakan Quiz Bot karena banyaknya fitur-fitur yang tersedia seperti mengedit, mengatur waktu, dan mengacak pertanyaan.

Namun apabila kalian ingin membuat kuis yang lebih simpel, kalian bisa secara langsung membuat nya melalui group Telegram yang dapat dijawab secara langsung oleh anggota group.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *