Internet

Begini Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Cara membuat kuesioner penelitian di Google Form sangat mudah untuk dilakukan, terutama bagi mahasiswa yang ingin membuat kuesioner sebagai penelitian tugas akhir.

Seiring berkembangan zaman, kini membuat kuesioner menggunakan kertas yang dibagikan sudah sangat jarang dijumpai, sebab saat ini kita sudah bisa membuat sebuah kuesioner secara online.

Selain menghemat waktu, membuat kuesioner penelitian di Google Form juga dapat mengemat biaya, karena kita sudah tidak menggunakan kertas lagi sebagai kuesioner.

Selain bisa digunakan untuk membuat absensi online atau ujian online, Google Form juga dapat digunakan dalam membuat kuesioner online yang lebih efektif dengan jangkauan yang luas.

Meskipun Google Form cukup dikenal banyak orang, tapi masih ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana cara membaut kuesioner penelitian di Google Form.

Selain itu, kalian juga bisa mengambil data dari hasil kuesioner di Google Form dan mengolahnya menggunakan software olah data seperti SPSS.

Manfaat Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Dalam era digital seperti saat ini, Google Form telah menjadi platform yang sangat bermanfaat bagi kita untuk mengumpulkan data responden kedalam bentuk kuesioner.

Selain memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan dan kemampuan untuk mengelolah pertanyaan, Google Form menjadi pilihan yang populer yang banyak digunakan orang-orang dalam membuat sebuah kuesioner penelitian.

Google Form adalah sebuah platform milik Google yang dimana platform tersebut mempunyai banyak fitur-fitur bermanfaat yang mempermudah user dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Terdapat beberapa manfaat membuat kuesioner penelitian di Google Form diantaranya sebagai berikut:

  • Menghemat waktu dan anggaran dalam pembuatan kuesioner
  • Mempermudah dalam pengiriman kuesioner
  • kuesioner tersimpan dengan aman dan tidak tercecer
  • Mempermudah dalam memeriksa jawaban responden

Contoh diatas merupakan manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menggunakan Google Form dalam membuat sebuah kuesioner online.

Selain mempunyai manfaat-manfaat diatas, membuat kuesioner penelitian di Google Form ini bisa dibilang gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Baca juga: Cara Membuat Google Docs Bisa Diakses Semua Orang

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Hadirnya kuesioner online ini tentu saja memudahkan kita dalam memperoleh data dari responden tanpa perlu bepergian untuk membagikan kuesioner.

Berikut ini langkah-langkah dalam cara membuat kusioner penelitian di Google Form beserta penjelasan lengkapnya:

Langkah 1: Pertama, silahkan login ke akun Google kalian terlebih dahulu lalu masuk ke halaman https://docs.google.com/forms.

Langkah 2: Didalam halaman Google Form, ada banyak template yang bisa kalian gunakan. Template tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Namun disini kita ingin membuat form menggunakan template kosong, jadi silahkan klik icon dengan logo + atau Blank, untuk membuat sebuah formulir baru.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Langkah 3: Didalam formulir Google Form, ada banyak menu-menu yang bisa kalian gunakan seperti memasukkan gambar, menambahkan video, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Namun disini mimin kita hanya ingin membuat kuesioner penelitian di Google Form, jadi silahkan masukkan judul beserta deskripsi dari kuesioner yang akan kalian gunakan.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Langkah 4: Selanjutnya, silahkan klik logo tanda + yang ada disebelah kanan menu untuk menambahkan pertanyaan dari kuesioner kalian.

Kemudian setelah itu akan muncul menu baru, kalian bisa mengganti Untitled Question menjadi pertanyaan kuesioner kalian lalu untuk opsinya silahkan diisi mengenai jawaban dari responden.

Jika kuesioner kalian mempunyai banyak jawaban, silahkan klik tambahkan opsi atau tambahkan lainnya, untuk menambah jumlah jawaban.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Langkah 5: Setelah selesai membuat semua pertanyaan dan jawaban dalam kuesioner online kalian, silahkan klik Kirim atau Send yang ada pada kanan atas layar.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Langkah 6: Selanjutnya akan muncul jendala baru dimana kalian bisa memilih untuk mengirimkan kuesioner online tersebut melalui email, link, ataupun embed.

Jika kalian ingin mengirimkan kuesioner kepada responden melalui email, silahkan masukkan alamat email responden yang ingin dikirimi kuesioner.

Namun cara ini terbilang cukup lama dan menyita banyak waktu bukan? jadi sebaiknya kirimkan kuesioner menggunakan tautan atau link yang dapat kalian bagikan ke group.

Jika kalian merasa URL nya terlalu kepanjangan, kalian bisa mempersingkat URL nya dengan mencengtang pada plilihan Persingkat URL atau Shorten URL.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Langkah 7: Selamat kuesioner penelitian di Google Form kalian telah selesai dan siap untuk dibagikan. Jika kalian ingin melihat respon jawaban dari responden, silahkan klik tab Jawaban atau Response dihalaman Form.

Selain itu, kalian juga bisa mengaktifkan fitur notifikasi melalui email apabila ada responden yang telah mengirimkan jawaban kedalam kuesioner penelitian kalian.

Caranya sangat mudah, silahkan klik icon titik tiga, lalu akan muncul jendela baru kemudian silahkan centang Dapatkan notifikasi email untuk jawaban baru.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Setelah kuesioner terkumpul, fitur analisis bawaan dari Google Form memberikan kalian hak untuk mengurai dan menginterpretasi hasil penelitian dengan lebih mudah.

Grafik dan ringkasan yang ada pada data dari kuesioner membantu kalain dalam melihat tren dan pola yang muncul dari jawaban setiap responden.

Penutup

jadi itulah beberapa langkah-langkah cara membuat kuesioner penilitian di Google Form. Bagaimana? cukup mudah untuk dilakukan bukan? kalian hanya perlu menambahkan pertanyaan dan jawaban sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan Google Form sebagai alat untuk membuat kuesioner penelitian membawa banyak manfaat yang signifikan bagi kita.

Dengan menggunakan Google Form dalam membuat sebuah kuesioner online, kalian bisa menghemat biaya dalam membuat sebuah kuesioner penelitian.

Jika ada yang kurang jelas atau kurang dimengerti terkait artikel ini, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar yang sudah disediakan.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *