iOS

Cara Membuat iCloud Melalui iPhone dan Browser

Cara membuat iCloud sangat gampang untuk dilakukan, baik itu melalui browser pada laptop ataupun melalui perangkat iPhone atau Ipad kalian.

iCloud sendiri memiliki berbagai macam-macam fungsi yang bermanfaat. Tidak hanya untuk sebagai keamanan pada perangkat kalian, iCloud juga bisa menjadi ruang penyimpanan online di perangkat kalian.

Selain digunakan sebagai sarana untuk melakukan backup foto-foto atau video, iCloud juga bisa digunakan untuk menyimpan file-file atau dokumen penting di iPhone kalian.

Akun iCloud atau yang sering disebut dengan Apple ID dapat kita buat secara gratis oleh para pengguna IOS dengan menggunakan beberapa cara.

Nah, buat kalian pengguna baru yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat iCloud atau Apple ID, silahkan disimak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa itu iCloud

Apa itu iCloud? iCloud adalah sebuah layanan milik Apple yang ditujukan kepada pengguna untuk melakukan backup storage sampai dengan sinkronisasi perangkat.

Dengan adanya iCloud, maka dapat memungkin semua perangkat yang bebasis IOS untuk dapat terhubung satu sama lain dengan menggunakan akun iCloud yang sama.

iCloud sendiri memiliki fungsi untuk dapat menyimpan file-file seperti foto, video, dokumen, dan file dengan ukuran besar selama penyimpanan masih mencukupi.

Data atau file-file yang tersimpan di iCloud dapat dengan mudah diakses dan disinkronkan kembali di berbagai perangkat Apple yang dimiliki seperti iPhone atau iPad.

iCloud juga memiliki fungsi lain yaitu dapat mengunci perangkat kalian. Misalnya perangkat kalian hilang, maka kalian dapat mengaktifkan fitur ini dan mengunci perangkat agar tidak bisa diakses.

Cara Membuat iCloud Melalui Browser

iCloud merupakan layanan yang diberikan Apple ke beberapa produknya seperti iPhone dan iPad. Karena memiliki fungsi penting, tentunya setiap perangkat Apple harus memiliki iCloud.

Tak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat iCloud, maka dari itu silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

Pertama: Silahkan buka browser kalian kemudian kujungi situs resmi Apple dikolom pencarian browser atau bisa juga dengan mengunjungi https://appleid.apple.com/.

Cara Membuat iCloud

Kedua: Setelah masuk ke dalam situs resmi Apple, pada halaman utama silahkan klik menu Create your Apple ID yang ada pada sebelah kanan atas.

Cara Membuat iCloud

Ketiga: Setelah itu kalian akan diarahkan kehalaman baru dimana kalian diminta untuk mengisikan formulir pendaftaran Apple ID baru kalian.

Kalian bisa mengisikan informasi berupa nama, alamat email, dan tanggal lahir. Sebaiknya diisikan dengan benar apabila nanti kalian ingin membeli sesuatu melalui App Store.

Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang akan digunakan untuk proses verifikasi melalui text ataupun panggilan. setelah itu masukkan captcha kemudian klik Continue.

Cara Membuat iCloud

Keempat: Setelah proses pendaftaran selesai, jangan lupa untuk melakukan kofirmasi alamat email yang kalian  gunakan pada proses pendaftaran sebelumnya.

Selanjutnya apabila semua telah selesai, silahkan login menggunakan akun yang baru saja kalian buat ke dalam perangkat Iphone atau Ipad untuk dapat menggunakan iCloud.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti

Cara Membuat iCloud Melalui iPhone/iPad

Apabila kalian baru saja membeli perangkat baru, baik itu iPhone atau iPad pasti memerlukan Apple ID untuk dapat mengakses fitur-fitur yang ada di iCloud.

Cara membuat iCloud berikut ini yaitu dengan menggunakan perangkan iPhone ataupun iPad. Proses pendaftarannya pun kurang lebih sama untuk kedua perangkat ini.

Hanya saja jika menggunakan perangkat iPhone atau iPhone, maka prosesnya akan jauh lebih praktis lagi daripada menggunakan browser. Untuk caranya silahkan simak langkah-langkah berikut.

Lankah 1: Silahkan pergi kemenu Settings atau Pengaturan yang ada pada perangkat kalian. Didalam menu Settings silahkan tap pada menu paling atas disebelah kiri untuk membuat Apple ID.

Cara Membuat iCloud

Langkah 2: Selanjutnya akan muncul jendela baru dimana kalian bisa melakukan login apabila kalian sudah mempunyai Apple ID sebelumnya.

Namun jika belum, silahkan tap pada tulisan Forgot password or don’t have an Apple ID kemudian tap pada tulisan Create Apple ID.

Cara Membuat iCloud

Langkah 3: Berikutnya akan muncul jendela baru lagi, dimana kalian diminta untuk mengisi informasi untuk pendaftaran Apple ID baru kalian kemudian tap Continue.

Cara Membuat iCloud

Langkah 4: Kemudian kalian diminta untuk mengisi email yang nantinya akan kalian gunakan sebagai email untuk Apple ID baru kalian.

Apabila kalian tidak mempunyai alamat email, kalian bisa menggunakan email iCloud dengan tap pada tulisan Do not have an email address lalu tap Get and iCloud email address.

Cara Membuat iCloud

Langkah 5: Setelah itu silahkan masukkan nama yang akan kalian gunakan untuk email kalian, misalnya [email protected] kemudian tap Continue lalu masukkan password yang mudah kalian ingat.

Cara Membuat iCloud

Langkah 6: Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan nomor telepon aktif sebagai proses verifikasi. Kalian bisa memilih untuk menerima verifikasi melalui sms atau panggilan telepon.

Cara Membuat iCloud

Langkah 7: Selamat Apple ID baru kalian telah berhasil dibuat. Sekarang kalian bisa sudah bisa menggunakan iCloud untuk menyimpan file kalian.

Penutup

Itulah cara membuat iCloud melalui browser atau melalui perangkat iPhone dan iPad. Bagaimana? cara buat iCloud cukup mudah dilakukan bukan?

iCloud memungkinkan kita untuk bisa menikmati setiap fitur-fitur menarik yang ada pada perangkan Apple. Seperti akun Google yang wajib dimiliki pengguna Android, maka iCloud sendiri wajib untuk pengguna IOS.

Selain itu, kita juga bisa berbagi data dengan pengguna IOS lain dan mengakses data tersebut dari perangkat Apple yang berbeda.

Cara membuat iCloud bisa kalian lakukan sendiri dengan mengukuti tutorial dan langkah-langkah yang telah mimin bahas diatas.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *