Internet

Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Cara membuat blog di WordPress terbilang cukup mudah untuk dilakukan khususnya bagi pemula yang baru terjun kedalam dunia blog.

Blog sendiri yaitu suatu platform yang bisa dipergunakan oleh seseorang untuk menulis suatu gagasan, isi pikiran, dan ide dalam sebuah bentuk tulisan.

Sedangkan WordPress yaitu sebuah CMS terpopuler yang dipergunakan oleh banyak orang dalam membuat suatu blog ataupun sebuah website yang sifatnya profesional seperti website perusahaan dan website bisnis.

WordPress sendiri telah membuktikan dirinya sebagai platform blogging yang sangat banyak digunakan orang-orang dalam membuat suatu blog.

Dimulai dari desain yang user friendly sampai dengan tersedia ribuan tema dan plugin, WordPress memungkinkan kalian untuk membuat blog yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan kalian.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah pembahasan dari Tafsiran Media mengenai bagaimana cara membuat blog di WordPress bagi pemula.

Apa itu WordPress

WordPress yaitu salah satu dari CMS atau content management system yang paling banyak digunakan diseluruh dunia.

WordPress telah digunakan oleh banyak website-website di seluruh internet dan tentunya penggunaan WordPress akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya jaman.

WordPress sendiri bersifat open source yang dimana kalian dapat melakukan custom pada blog atau website kalian sesuka hati. Tidak hanya dapat melakukan custom, WordPress juga menyediakan beberapa tema dan plugin yang bisa kalian install secara gratis.

Dengan menggunakan platform CMS WordPress, kalian dapat menjalankan blog ataupun website resmi secara mudah tanpa harus mengetahui coding.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Jenis WordPress

Wordpress terbagi menjadi 2 jenis TLD domain yang berbeda yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Tentunya kedua jenis WordPress ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. berikut ini pembahasan lengkapnya.

WordPress.org

WordPress.org memungkinkan setiap user untuk dapat melakukan custom pada website atau blog sesuka hati kalian.

Akan tetapi sebelum membuat suatu website atau blog di WordPress.org, kalian harus terlebih dahulu menyiapkan domain TLD (top level domain) seperti .com .org .net dan kalian juga harus menyiapkan sebuah hosting untuk menyimpan file yang ada pada website kalian.

Kelebihan yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan WordPress.org yaitu kalian dapat menggunakan TLD, sehingga website atau blog yang dijalankan akan terlihat lebih profesional.

Selain dari itu, kalian juga dibebaskan untuk memasang tema dan plugin gratis yang telah disediakan oleh WordPress.

WordPress.com

WordPress.com yaitu versi gratisan dari WordPress.org, Platform WordPress memanglah gratis, akan tetapi untuk WordPress.org dibutuhkan biaya untuk membeli domain dan menyewa sebuah hosting.

Keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari menggunakan WordPress versi gratisan ini adalah kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menjalankan suatu blog.

Akan tetapi, dibalik keuntungan itu, ada beberapa fitur-fitur yang tidak bisa kalian dapatkan di WordPress versi gratisan yang satu ini.

Pertama yaitu terkait dengan ekstensi domain, untuk versi gratisan kalian hanya akan diberikan ekstensi domain wordpress.com misalnya tafsiran.wordpress.com.

Dengan menggunakan nama domain yang panjang, kalian pasti merasa kalau nama blog yang akan kalian gunakan tidak cukup profesional.

Berikutnya, yaitu dari segi penyimpanan yang sangat terbatas, sehingga user tidak dapat mengupload file atau gambar dalam jumlah yang banyak.

Pada WorPress ini, tema dan plugin yang dapat kalian gunakan juga sangat dibatasi, serta kalian juga tidak dapat mengupload plugin ke dalam blog kalian. Berikut ini cara membuat blog di WordPress:

Cara Membuat Blog di Wordpress

Jika kalian telah mengetahui pengertian dan jenis-jenis WordPress, sekarang kita akan membahas cara membuat blog di WordPress.

Pada penjelasan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog di WordPress menggunakan WordPress.org dan WordPress.com.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap step by step cara membuat blog di WordPress.

Menggunakan WordPress.com

Cara membuat blog di WordPress.com sangatlah mudah, kalian hanya perlu menyiapkan alamat email lalu kemudian ikuti cara-caranya:

Langkah 1: Kunjungi situs resmi Wordpress.com, lalu klik pada bagian Get started.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Langkah 2: Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi form yang berisi alamat email, username dan password yang akan kalian gunakan, jika telah selesai silahkan klik tulisan yang betuliskan Create your account.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Langkah 3: Setelah itu kalian akan dibawah ke halaman berikutnya, dihalaman ini kalian bisa memasukkan domain yang akan kalian gunakan nantinya dengan menggunakan ekstensi domain wordpress.com, lalu pilih select.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Langkah 4: Selanjutnya kalian akan diarahkan kesebuah halaman baru, disini WordPress menawarkan beberapa paket yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Apabila kalian ingin menggunakan versi gratisan silahkan pilih Start with free.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Langkah 5: Blog gratisan kalian pun telah selesai dibuat dan kalian bisa memulai menulis sebuah artikel.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Menggunakan WordPress.org

Sebelum kalian menggunakan platform WorPress.org, pastikan kalian telah menyiapkan hosting dan domain sebelumnya.

Secara sederhana, hosting adalah tempat yang nantinya akan dipergunakan untuk menyimpan file-file yang akan digunakan oleh blog atau website kalian.

Setelah itu, kalian bisa menggunakan domain TLD berekstensi apapun pada saat membuat blog di WordPress.org, contohnya tafsiran.com atau tafsiran.id.

Penyedia layanan hosting juga telah menyediakan panel yang dapat kalian gunakan untuk menginstall blog kalian ke dalam hosting. Biasanya panel yang disediakan yaitu Cpanel atau Plesk.

Berikut ini cara membuat blog menggunakan WordPress.org.

Pertama: Apabila kalian sudah membeli hosting, silahkan buka panel pada hosting yang kalian beli, disini mimin menggunakan Cpanel sebagai contoh.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Kedua: Selanjutnya, silahkan mencari menu yang bertuliskan Software. biasanya menu ini berada di bawah, jadi silahkan scroll ke bawah. Setelah itu, pilih Wordpress Maganer by Softaculos.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Ketiga: Berikutnya klik install lalu tunggu beberapa saat, dan WordPress pun telah berhasil terinstall.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Keempat: Setelah proses instalasi WordPress selesai, kalian bisa mulai menulis artikel atau memasang tema versi gratis ataupun versi yang berbayar. Kami sendiri menyarankan untuk memilih tema yang responsif agar kinerja blog kalian bisa lebih optimal.

Kelima: Jangan lupa untuk menginstall plugin sesuai dengan kebutuhan kalian, misalnya plugin untuk mengapus cache atau plugin untuk SEO.

Penutup

Melalui tutorial diatas, kalian telah mempelajari langkah-langkah awal cara membuat blog di WordPress. Mulai dari menggunakan WordPress versi gratisan sampai dengan versi berbayar.

Dari kedua cara membuat blog di WordPress diatas, sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Namun semua kembali kepada kalian, apakah ingin menggunakan versi gratisan dengan fitur terbatas atau menggunakan versi berbayar dengan banyak fitur.

Setiap versi baik itu WordPress versi gratisan ataupun WordPress versi berbayar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Penting untuk diingat bahwa membangun blog adalah perjalanan yang memerlukan komitmen dan kerja keras. Teruslah belajar, eksperimen, dan terlibat dengan komunitas online.

Mimin harapkan dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kalian sudah bisa memahami bagaimana cara membuat blog di WordPress.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *