Aplikasi

Cara Membuat Animasi di Canva Bagi Pemula

Cara membuat animasi di Canva sangat mudah untuk dilakukan, pada setiap menu-menu yang tersedia kalian bisa mengubah atau mengedit teks dan merubahnya ke dalam bentuk animasi yang menarik.

Animasi adalah cara yang menarik untuk mengekspresikan ide, memperjelas konsep, atau membuat konten yang lebih menarik. Salah satu platform yang populer untuk membuat animasi adalah Canva.

Animasi yang disedikan sendiri dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan kalian, dimulai dari dari tema untuk pembuatan konten postingan Instagram, Tiktok, Facebook, dan lain sebagainya.

Lebih bagusnya lagi, kalian tidak perlu repot-repot untuk mengatur efek animasi menggunakan cara manual, sebab mimin akan memberikan bagaimana cara untuk membuat animasi di Canva.

Tapi sebelum masuk ke inti pembahasan, ada baiknya bagi kalian untuk mengetahui pengertian dan kegunaan dari Canva terlebih dahulu.

Apa itu Canva

Canva adalah sebuah platform yang dapat membantu aktivitas pembuatan desain grafis dan konten yang terkenal lebih cepat dan user friendly jika dibandingkan dengan platform desain grafis lainnya.

Canva bisa kalian gunakan secara online welalui website resminya ataupun bisa digunakan melalui aplikasi mobile yang dapat kalian install lewat Google Play Store atau App Store.

Platform tersebut menawarkan bermacam-macam fitur yang cukup berguna untuk kebutuhan desain grafis, seperti pengeditan gambar, membuat template, dan membuat thumbnail.

Canva banyak digunakan dengan berbagai macam fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten visual.

Fitur animasi Canva memungkinkan pengguna untuk membuat elemen-elemen dalam desain kalian bergerak dan menciptakan efek visual yang menarik.

Canva sendiri di desain agar tampilannya lebih user friendly sehingga pengguna baru dapat mempelajari fitur-fiturnya dengan cepat.

Canva juga memiliki 2 versi yang dimana ada versi berbayar (Pro) dan versi gratisan. Akan tetapi kalian juga masih bisa menikmati fitur-fitur bermanfaat seperti membuat animasi di Canva tanpa menggunakan versi pro.

Kegunaan Canva

Semenjak Canva mulai dikenal oleh berbagai orang, pihak developer tidak henti-hentinya untuk berinovasi terkait dengan layanan yang disajadikan oleh Canva.

Jadinya, kalian sekarang dapat menikmati platform ini untuk membuat berbagai desain, baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk keperluan pekerjaan.

Adapun kegunaan Canva diantaranya sebagai berikut:

  • Mengedit video untuk keperluan konten media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Youtube.
  • Membuat konten untuk video Instagram Reels, Tiktok, dan Youtube Shorts.
  • Mendesain poster, iklan, dan brosur untuk keperluan bisnis.
  • Membuat format CV dan kartu undangan.
  • Membuat presentasi Power Point (PPT).
  • Membuat animasi sederhana.

Baca juga: Cara Mengatasi Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Cara Membuat Animasi di Canva

Dengan menggunakan Canva kalian tidak perlu menjadi seorang ahli desain grafis untuk dapat membuat animasi sederhana dalam bentuk teks.

Animasi sederhana tersebut dapat digunakan untuk keperluan pribadi ataupun pekerjaan. Berikut ini langkah-langkah cara membuat animasi di Canva:

Langkah 1: Pertama, Sebelum mulai membuat animasi di Canva, hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu mengunjungi situs resmi Canva di https://www.canva.com/.

Selanjutnya lalu pilih login/masuk kemudian login menggunakan Gmail.

Cara Membuat Animasi di Canva

Langkah 2: Setelah itu, pilih create design atau membuat desain yang sesuai dengan kebutuhan kalian, pada contoh kali ini kita akan membuat contoh post untuk Instagram.

Cara Membuat Animasi di Canva

Langkah 3: Jika sudah, kalian akan diarahkan kehalaman baru dimana kalian dipersilahkan untuk memilih tema yang ingin kalian gunakan untuk keperluan pembuatan post Instagram kalian.

Pada halaman baru ini ada banyak tema yang dapat kalian pilih, silahkan pilih tema mana yang menurut kalian cocok untuk digunakan sebagai postingan Instagram.

Cara Membuat Animasi di Canva

Langkah 4: Jika telah selesai memilih tema, silahkan pilih tulisan Animate yang ada pada pojok kiri dari template.

Apabila kalian ingin membuat seluruh halaman atau element kedalam bentuk animasi disini mimin akan menggunakan tema ucapan selamat hari raya idul adha.

Cara Membuat Animasi di Canva

Kalian juga dapat memilih jika kalian hanya ingin membuat teks tertentu menjadi animasi, contohnya disini mimin hanya akan membuat teks “selamat hari raya” menjadi animasi.

Caranya yaitu klik pada bagian teks dan pilih efek animasi pada menu sebelah kiri.

Cara Membuat Animasi di Canva

Pada menu animasi, kalian bisa memilih-milih teks animasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Contohnya mimin akan menggunakan efek animasi Neon yang dimana membuat teks menjadi berkedip-kedip.

Langkah 5: Apabila semuanya telah selesai dan susuai keinginan kalain, langkah terakhir yaitu silahkan pilih tulisan Share dipojok kanan atas.

Selanjutnya pilih format file yang akan kalian simpan, sebaiknya gunakan format mp4 agar hasilnya dapat lebih maksimal, kemudian simpan.

Cara Membuat Animasi di Canva

Efek teks animasi ini tentu saja dapat membuat desain yang telah kalian buat menjadi lebih menarik dan keren. Bahkan kalian juga tidak perlu untuk membuat efek animasi secara manual.

Penutup

Cara membuat animasi di Canva tersebut kurang lebih sama apabila kalian membuat dengan menggunakan smartphone.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat animasi di Canva yang telah diberikan diatas, kalian dapat dengan mudah membuat animasi yang menarik tanpa perlu memiliki keterampilan dalam bidang desain.

Hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan apabila jika dibandingkan dengan versi PC dan HP. Perbedaan tersebut mungkin terletak dibagian tampilan ataupun menu yang ada pada versi PC dan versi smartphone.

Mimin berharap dengan mengikuti panduan yang telah mimin berikan diatas, kalian sudah bisa untuk membuat teks animasi sendiri menggunakan platform Canva ini.

Jika ada pertanyaan yang mau disampaikan terkait artikel cara membuat animasi di Canva ini, silahkan gunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *