Internet

Cara Membuat Absen Online di Google Form Dengan Mudah

Cara membuat absen online di Google form tidaklah sulit untuk dilakukan, khususnya bagi seorang karyawan atau staff yang dimana absensi adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Di zaman yang lebih modern seperti sekarang, ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan absensi secara online untuk mempermudah karyawan dan para staff dalam melakukan absensi.

Platform yang menyediakan absensi online secara gratis yaitu bisa dengan menggunakan Google Form, Platform ini dapat membuat proses absensi menjadi lebih mudah.

Membuat absen online menggunakan Google Form adalah langkah yang cerdas untuk mempermudah pengelolaan kehadiran dalam berbagai acara atau aktivitas.

Dengan memanfaatkan kemudahan dari teknologi, membuat absensi dengan menggunakan Google Form telah menjadi solusi yang amat praktis bagi pekerja.

Apa itu Google Form

Google Formulir atau yang disingkat Google Form adalah suatu layanan milik Google yang dimana memungkinkan seorang user untuk membuat sebuah formulir, survey, dan pertanyaan secara online.

Dengan fitur-fitur ini, tak mengherankan lagi jika Google Form sangat populer disetiap dikalangan orang ataupun organisasi yang menggunakan layanan ini untuk berbagai keperluan.

Selain itu, kalian dapat membuat pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban, seperti pilihan ganda, isian singkat, paragraf, dan lain sebagainya.

Google Form sangat bermanfaat untuk mengumpulkan data, membuat pendapat, mengatur acara, membuat absesnsi, dan berbagai keperluan lainnya.

Karena berbasis online dan dapat diakses darimana saja, Google Form adalah cara yang sangat efektif untuk bisa mendapatkan informasi secara spesifik.

Membuat Google Form juga sangat mudah untuk dilakuakn, sebab layanan ini didesain sedemikian rupa agar setiap pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Cara Membuat Absen Online di Google Form

Sebelum membuat absen online di Google Form, pastikan terlebih dahulu kalau kalian mempunyai akun Google yang masih aktif. Jika sudah, silahkan ikuti tutorial dibawah ini:

1. Kunjungi Google Form

Pertama silahkan buka web browser yang sering kalian kalian, kemudian silahkan kunjungi link https://docs.google.com/forms/u/0/.

Kalian juga bisa membuka Google Form melalui beranda Google dengan mengklik 9 titik di pojok kanan profil google kalian lalu scrool kebawah dan pilih Form.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

2. Membuat Formulir Baru

Setelah masuk ke dalam Google Form, langkah selanjutnya yaitu kalian bisa membuat formulir baru dengan cara mengklik icon + yang bertuliskan blank.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

3. Masukkan Judul dan Deskripsi

Agar dapat dengan mudah melakukan pencarian, kalian bisa memasukkan judul form beserta dengan deskripsi yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Misalkan disini mimin akan memasukkan judul “Absensi Staff Tafsiran Media”. Cara memasukkan judulnya dengan mengklik tulisan yang bertuliskan Untitled form, lalu masukkan judul yang diinginkan.

Untuk deskripsinya, kalian bisa memasukkan deskripsi sesuai dengan kebutuhan kalian, misalnya disini mimin akan memasukkan “Absensi Harian Staff Tafsiran Media”.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

4. Buat Nama Karyawan

Untuk membuat kolom nama-nama karyawan, kalian hanya perlu mengklik tulisan yang bertuliskan Untitled Question yang ada di bawah judul dan deskripsi.

Kemudian ubah mode pertanyaan menjadi Dropdown lalu kemudian tuliskan nama-nama karyawan pada list yang tersedia.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

5. Mengimput Jadwal

Jadwal adalah salah satu hal terpenting yang harus kalian input ketika sedang membuat sebuah absensi online di Google Form.

Caranya cukup mudah yaitu, kalian hanya perlu menambah pertanyaan dengan mengklik tanda +  yang ada di menu sebelah kanan Google Form.

Selanjutnya ubah pertanyaan menjadi Hari dan Tanggal, maka secara otomatis Google Form akan mengubah mode pertanyaan nya menjadi Date, maka demikian karyawan hanya perlu mengisi tanggal dan hari yang sesuai.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

6. Membuat Link

Setelah semua yang dibutuhkan absensi telah selesai di imput di Google Form, langkah berikutnya yaitu membuat sebuah link yang nantinya akan dibagikan kepada semua staff dan karyawan.

Cara membuat link absen di Google Form ini sangatlah mudah, kalian hanya perlu klik pada tulisan Send atau Kirim yang ada pada selah kanan formulir.

Kemudian kalian akan diberikan beberapa pilihan apakah kalian nantinya ingin mengirim link tersebut dengan menggunakan metode apa.

Disini mimin akan mengirim link absen online menggunakan link yang nantinya dapat dibagikan ke group. Cara mengirim menggunakan link sangat mudah, silahkan pilih Icon Rantai di tengah yang berada diantara icon email dan embed.

Setelah itu akan muncul link yang bisa kalian bagikan kegroup. Apabila kalian merasa link absen online tersebut terlalu panjang, kalian bisa menceklis pada tulisan Shorter URL agar link tersebut diperpendek.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

7. Membagikan Link

Langkah terakhir setelah link absen online telah berhasil tersalin, selanjutnya yaitu membagikan link yang telah kalian buat di Google Form kepada karyawan atau staff.

Link tersebut nantinya dapat kalian bagikan ke semua staff ataupun karyawaran di group kantor yang ada di Whatsapp ataupun sosmed lainnya.

Penutup

Absensi secara online dengan menggunakan Google Form yaitu sebuah terobosan terbaru yang amat bermanfaat digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan.

Penggunaan Google Form tidak hanya menghemat waktu dan usaha, tetapi juga memberikan kemudahan akses bagi pekerja untuk mengisi absen kapan saja dan di mana saja.

Walaupun masih ada kekurangan, namun absen online ini akan sangat membantu karyawan karena kemudahan dalam penggunaanya dan bisa dilakukan dimana saja.

itulah beberapa langkah-langkah mengenai cara membuat absen online di Google Form dengan mudah. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *