Aplikasi

3 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus oleh Pengirimnya

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, khususnya bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Namun, seringkali kita mendapati pengirim pesan yang menghapus pesannya setelah mengirimkannya.

Ini bisa menjadi masalah jika kita ingin melihat pesan tersebut kembali. Namun, ada beberapa cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya.

Sebelum kita membahas cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya, penting untuk memahami fitur pesan yang dihapus di WhatsApp.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah mereka kirim, baik secara individu maupun dalam percakapan grup.

Namun, pesan yang dihapus masih dapat dilihat oleh penerima pesan selama periode tertentu sebelum akhirnya hilang secara permanen. Maka dari itu, silahkan disimak penjelasan dibawah ini.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus oleh Pengirimnya

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus oleh Pengirimnya

Sebelum itu, pengguna juga harus memperhatikan bahwa pesan yang dihapus mungkin masih dapat dilihat oleh penerima selama periode tertentu.

Namun, dengan menggunakan beberapa cara yang akan kita bahas selanjutnya, kita dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya.

Berikut ini cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya:

1. Menggunakan Metode Manual

Jika Anda ingin melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus secara manual, pertama-tama buka WhatsApp dan chat yang ingin Anda periksa. Kemudian, keluar dari jaringan internet Anda agar WhatsApp tidak sinkron dengan server.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Jika Anda menggunakan Android, cari folder WhatsApp dan buka folder Databases. Di sana, Anda dapat menemukan file dengan nama msgstore.db.crypt.

Langkah  2: Kemudian Rename file tersebut dengan nama msgstore-lama.db.crypt12 agar file asli dari Aplikasi WhatsApp tidak terhapus.

Langkah 3: Kemudian, rename file msgstore-yyyy-mm-dd.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12, dengan yyyy-mm-dd adalah tanggal backup terakhir Anda.

Langkah 4: Setelah mengganti nama file, hapus dan reinstall WhatsApp dari Google Play Store atau App Store. Saat diminta, pulihkan obrolan dari backup terakhir Anda.

Setelah obrolan selesai dipulihkan, Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Jika Anda menggunakan iPhone, backup data WhatsApp Anda di iCloud. Kemudian, hapus dan reinstall kembali WhatsApp dari App Store.

Saat diminta, pulihkan obrolan dari backup terakhir di iCloud. Setelah obrolan selesai dipulihkan, Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Baca juga: Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode manual, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Dr. Fone, untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga tidak disarankan karena dapat membahayakan privasi Anda dan orang lain.

Jika Anda tetap bersikeras ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya, berikut ini kami rekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

  1. Dr.Fone – Recover (Android)
  2. Undeleter (Android)
  3. EaseUS MobiSaver (iOS)
  4. iMyFone D-Back (iOS)

Beberapa dari aplikasi diatas mungkin memiliki versi gratis yang terbatas dan fitur premium yang hanya tersedia pada versi berbayar.

3. Melalui Fitur Backup WhatsApp

Selain cara-cara sebelumnya, ada satu lagi cara untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya, yaitu dengan memanfaatkan fitur backup WhatsApp.

Fitur backup ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan cadangan pesan WhatsApp mereka di cloud. Anda harus memastikan bahwa fitur backup telah diaktifkan di WhatsApp Anda sebelum pesan dihapus oleh pengirim.

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur backup, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus:

  1. Uninstall WhatsApp dari ponsel Anda.
  2. Reinstall WhatsApp dan buat akun baru menggunakan nomor telepon yang sama dengan akun WhatsApp lama Anda.
  3. Setelah Anda berhasil masuk ke dalam aplikasi WhatsApp, pilih opsi Restore saat diminta memulihkan data. Ini akan memulihkan semua pesan, termasuk pesan yang sudah dihapus oleh pengirim.
  4. Tunggu proses pemulihan selesai dan pastikan semua data telah dipulihkan dengan benar. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim.

Namun, perlu diingat bahwa proses ini hanya akan berhasil jika Anda sudah memiliki cadangan pesan WhatsApp sebelum pesan dihapus oleh pengirim.

Selain itu, bantuan teknis mungkin diperlukan untuk memulihkan pesan yang tidak muncul setelah proses dari pemulihan chat selesai.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Terakhir Dilihat Padahal Online

Penutup

Jadi begitulah beberapa tutorial cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya, dengan menggunakan 3 cara yang bisa Anda coba.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan diatas, Anda dapat dengan mudah mengakses pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya.

Jika ada yang masih kebingungan mengenai cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya yang kami berikan diatas, bisa gunakan kolom komentar untuk mengirim komentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *