Laptop

Cara Melihat Password WiFi di Laptop Dengan Mudah

Cara Melihat Password WiFi di laptop sendiri mungkin belum banyak orang-orang yang belum mengetahui hal ini, khususnya bagi orang yang lupa dengan password WiFi.

Lupa password WiFi adalah salah satu masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Ini bisa sangat menjengkelkan, terutama jika Anda ingin menghubungkan perangkat baru ke jaringan WiFi Anda.

Namun, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi situasi ini, dan ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu solusi terbaik adalah melihat kembali password WiFi yang sebelumnya telah tersimpan di laptop Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat password WiFi di laptop dengan sistem operasi Windows 11 dan Windows 10. Selain itu, kami juga akan membahas cara melihat password wifi di laptop cmd.

Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Windows 11, sistem operasi terbaru dari Microsoft, hadir dengan sejumlah fitur canggih yang memudahkan pengguna dalam mengelola berbagai aspek komputasi mereka.

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Anda.

Berikut cara melihat password WiFi di laptop Windows 11:

Melalui Pengaturan Windows 11

Langkah pertama dalam melihat password WiFi di laptop Windows 11 adalah dengan membuka pengaturan sistem. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda dapat membuka Pengaturan dengan cepat dengan menekan tombol Win + I secara bersamaan atau dengan mencarinya di menu Start dan mengklik ikon gear yang biasanya digunakan untuk meluncurkan Pengaturan.
  2. Di dalam jendela Pengaturan, carilah opsi yang bertuliskan Jaringan & Internet dan klik pada opsi ini.
  3. Di panel sebelah kiri, Anda akan melihat beberapa kategori. Pilih WiFi untuk mengakses pengaturan jaringan nirkabel.
  4. Pada halaman WiFi, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian yang berjudul Jaringan yang Dikenal. Di sini, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan sebelumnya.
  5. Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Klik pada nama jaringan tersebut untuk membuka lebih banyak opsi.
  6. Setelah Anda memilih jaringan WiFi yang sesuai, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Klik pada Lihat properti untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang jaringan ini.
  7. Di dalam jendela properti jaringan, ada opsi Tampilkan karakter. Aktifkan opsi ini untuk mengubah tampilan password WiFi dari titik-titik menjadi teks biasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara melihat password WiFi di laptop Windows 11 di atas, Anda akan dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Anda menggunakan fitur bawaan Windows 11.

Baca juga: Cara Cek Spek Laptop yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 10

Windows 10, sistem operasi yang tetap populer digunakan oleh banyak pengguna laptop, juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat password WiFi yang tersimpan.

Dengan informasi ini, Anda dapat dengan mudah mengakses jaringan nirkabel Anda tanpa harus mengingat passwordnya atau meminta ulang kepada penyedia layanan.

Berikut adalah langkah-langkah cara melihat password WiFi di laptop Windows 10:

Melalui Pengaturan

  1. Pertama Anda dapat membuka Pengaturan dengan cepat dengan menekan tombol Win + I secara bersamaan.
  2. Di dalam Pengaturan, carilah opsi yang bertuliskan Jaringan & Internet dan klik pada opsi ini.
  3. Di panel sebelah kiri, Anda akan melihat beberapa kategori. Pilih WiFi untuk mengakses pengaturan jaringan nirkabel.
  4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian yang berjudul Jaringan yang Dikenal. Di sini, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan sebelumnya.
  5. Temukan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu klik pada nama jaringan tersebut untuk membuka lebih banyak opsi.
  6. Setelah Anda memilih jaringan WiFi yang sesuai, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Klik pada Lihat properti untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang jaringan ini.
  7. Di dalam jendela properti jaringan, ada opsi Tampilkan karakter. Aktifkan opsi ini untuk mengubah tampilan password WiFi dari titik-titik menjadi teks biasa.

Cara Melihat Password WiFi di Laptop CMD

Menggunakan Command Prompt (CMD) adalah salah satu cara yang efektif untuk melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Anda.

Ini adalah metode yang berguna jika Anda ingin melihat password WiFi tanpa harus menggunakan antarmuka pengaturan grafis.

Berikut cara melihat password Wifi di Laptop CMD:

  1. Untuk memulai, carilah Command Prompt di menu Start. Klik kanan pada hasil pencarian yang muncul dan pilih Jalankan sebagai administrator.
  2. Jika muncul dialog UAC meminta izin administrator, klik Ya untuk melanjutkan. Ini diperlukan karena Anda akan mengakses informasi jaringan yang sensitif.
  3. Di jendela Command Prompt yang terbuka, ketik perintah berikut netsh wlan show profiles untuk menampilkan daftar profil jaringan WiFi yang tersimpan di laptop Anda.
  4.  Setelah Anda menjalankan perintah tersebut, Anda akan melihat daftar nama profil jaringan WiFi yang tersimpan. Temukan nama profil dari jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  5. Sekarang, ketik perintah berikut netsh wlan show profile name=”[NAMA_PROFILE]” key=clear untuk menampilkan password jaringan WiFi yang sesuai, menggantikan “[NAMA_PROFILE]” dengan nama profil jaringan WiFi yang Anda temukan pada tahapan sebelumnya.
  6. Setelah Anda menjalankan perintah di atas, Anda akan melihat beberapa informasi tentang jaringan WiFi tersebut. Di bawah bagian Keamanan, Anda akan melihat field yang disebut Key content. Di sini, password WiFi yang sebenarnya akan ditampilkan.

Dengan mengikuti cara melihat password Wifi di Laptop CMD di atas, Anda akan dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Anda menggunakan Command Prompt (CMD).

Pastikan untuk menggunakan informasi ini dengan bijak dan hanya untuk jaringan yang Anda miliki atau Anda memiliki izin untuk mengaksesnya.

Penutup

Jadi seperti itulah beberapa tutorial cara melihat password WiFi di laptop dengan menggunakan Windows 11, Windows 10, dan juga CMD.

Melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Anda adalah langkah yang berguna untuk memastikan koneksi yang lancar ke jaringan nirkabel Anda.

Dengan informasi ini, Anda dapat mengatasi masalah lupa password WiFi atau berbagi akses dengan teman atau keluarga tanpa harus mengatur ulang router atau menghubungi penyedia layanan Internet.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *