Internet

Cara Melihat Kontak di Gmail dan Ekspor ke HP

Cara melihat kontak di Gmail bisa dilakukan karena setiap nomor telepon yang telah disimpan di HP Android atau iPhone pada akhirnya akan berbentuk menjadi suatu data kontak.

Selain untuk menyimpan nomor telepon, data kontak inilah yang nantinya akan tercatat menjadi suatu informasi detail seperti nama, alamat, dan lain sebagainya.

Jika kita berbicara soal kontak, di smartphone yang berbasis Android sudah tersedia fitur yang dinamakan backup, yang dimana memungkinkan kita untuk menyimpan data-data kontak tersebut kedalam akun Google.

Tentu saja fitur ini sangat membantu apabila nantinya kita ingin mengganti HP baru dan tidak perlu lagi repot-repot untuk memasukkan kontak lama secara satu persatu.

Pastinya kalian bertanya-tanya apakah kita bisa melihat dan mengeksport kontak dari akun Gmail? Tentu saja bisa. Jadi cara melihat kontak di Gmail ini sangat mudah dilakukan dan caranya tidak sulit untuk dikalukan.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Untuk melihat kontak di Gmail, kalian bisa menggunakan perangkat HP Android atau bisa juga dengan melalui PC dan ada dua tahap yang harus kalian penuhi terlebih dahulu.

Tahap pertama yaitu perangkat harus terhubung ke koneksi internet terlebih dahulu lalu kedua pastikan kalau browser sudah terpasang ke dalam perangkat. Browsernya bisa menggunakan browser apa saja, tapi sebaiknya gunakan Google Chrome.

Selanjutnya login ke akun Google yang kalian gunakan, yang dimana didalam akun Google tersebut telah tersimpan kontak-kontak di HP kalian.

Berikutnya, silahkan ikuti langkah-langkah cara melihat kontak di Gmail berikut:

Melalui Google Contacts

Ada 2 cara melihat kontak di Gmail yang bisa kita lakukan, pertama yaitu dengan menggunakan situs Google Contacts dan yang kedua yaitu menggunakan aplikasi Gmail di HP.

Google Contacts sendiri adalah sebuah layanan milik Google, yang dimana memungkinkan kita untuk dapat mengelola kontak secara online melalui akun Google.

Berikut cara melihat kontak di Gmail melalui Google Contacts:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka terlebih dahulu situs https://contacts.google.com/ lalu login ke dalam akun Google kalian.

Langkah 2: Jika sudah, disana kalian bisa melihat kontak-kontak yang telah tersimpan ke dalam akun Gmail.

Langkah 3: Jika kalian ingin mencari kontak secara spesifik, kalian bisa menggunakan kolom search lalu ketikkan nama kontak yang ingin dicari tersebut.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Baca juga: Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Melalui Aplikasi Gmail

Cara melihat kontak di Gmail dengan menggunakan aplikasi Gmail kurang lebih sama dengan cara diatas. Namun disini kita menggunakan aplikasi Gmail di HP Android yang tentunya lebih mudah untuk diakses.

Selain mudah untuk diakses, kita hanya perlu menggunakan aplikasi Gmail yang secara default kebanyakan telah terpasang di setiap perangkat Android.

Berikut ini langkah-langkah cara melihat kontak di Gmail dengan menggunakan aplikasi Gmail:

Pertama: Silahkan buka aplikasi Gmail di HP Android kalian dan pastikan kalian sudah login kedalam akun Google yang ingin dilihat kontaknya.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Kedua: Selanjutnya tekan logo foto profile yang ada di kanan atas Gmail kemudian pilih Kelola Akun Google Anda.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Ketiga: Berikutnya silahkan geser ke kanan sampai kalian menemukan tab Orang & Berbagi lalu tekan menu Kontak.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Keempat: Selesai, maka secara otomatis kalian akan diarahkan ke halaman kontak yang berisi daftar kontak yang ada di akun kalian.

Cara Ekspor Kontak dari Gmail

Berikutnya akan muncul pertanyaan, bagaimana cara eksport kontak dari Gmail agar kontak tersebut bisa langsung masuk ke HP Android?

Nah, Google sendiri sudah menyediakan fitur bagi kita untuk mempermudah melakukan ekspor kontak kedalam bentu data yaitu berupa VCF (Virtual Contact File) dan CSV (Comma Separated Values).

Pada HP Android, format data yang sudah support yaitu berupa VCF. Bagi kalian yang masih belum tahu cara ekspor kontak dari Gmail, berikut cara-caranya:

Langkah 1: Pertama silahkan kunjungi Google Contact lalu cari dan beri tanda pada kontak yang ingin di ekspor kemudian tekan menu dengan icon titik 3 selanjutnya tekan Export.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Langkah 2: Berikutnya kalian akan melihat beberapa pilihat format ekspor, mimin sarankan sebaiknya pilih vCard lalu tekan Export.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Langkah 3: Setelah itu, buka kontak di HP Android kalian lalu pilih pengaturan kemudian tekan Impor/ekspor kontak.

Cara Melihat Kontak di Gmail

Langkah 4: Selanjutnya silahkan cari lalu masukkan file yang telah kalian ekspor tadi di Google Contact lalu tunggu sampai prosesnya selesai, maka secara otomatis data dari vCard akan masuk kedalam kontak.

Kelebihan Google Contacts

Cara Melihat Kontak di Gmail

Sedikit tambahan, terdapat beberapa kelebihan Google Contacts seperti fitur-fitur yang bisa kita lakukan sesuai dengan kebutuhan. Berikut diantaranya:

1. Sinkron Kontak Otomatis

Google Contacts mempunyai fitur yang sangat bermanfaat yaitu dapat menyingkronkan kontak secara otomatis dari HP ke dalam akun Google.

Hal ini tentunya sangat membantu apabila nantinya kalian ingin mengganti perangkat tanpa harus memasukkan kontak secara satu persatu.

2. Memberikan Label Kontak

Label yang dimaksud ini kurang lebih sama seperti dengan memberikan kategori, yang berfungsi membuat kontak agar tersusun dengan rapi dan mudah untuk dicari.

Misalkan kalian ingin membuat label “sekolah”, maka kalian bisa mengisi label tersebut khusus untuk orang-orang yang berada di lingkungan sekolah saja.

3. Menghapus Kontak yang Duplikat

Jika kalian pernah menyimpan kontak dengan nomor yang sama secara tidak sengaja, dengan kontak yang terduplikat tersebut tersimpan secara banyak maka pastinya akan membuat kita kerepotan untuk menghapusnya.

Nah, disini kalian tidak perlu repot-repot untuk menghapus kontak duplikat tersebut secara satu-persatu, sebab Google Contacts telah mendeteksi kontak yang duplikan dan menggabungkannya menjadi satu.

4. Mengubah Kontak Lama

Apabila kalian ingin mengubah nomor telepon atau nama dari kontak yang sudah lama tersimpan, tentunya hal tersebut bisa dilakukan.

Caranya, kita hanya perlu membuka kontak lama tersebut di halaman Google Contacts, lalu nantinya akan ada pilihan untuk mengubahnya.

5. Menambahkan Kontak Baru

Google Contacts juga menyediakan fitur dimana kita bisa menambahkan kontak baru langsung dari halaman Google Contacts.

Caranya cukup mudah, silahkan tekan Buat Kontak lalu masukkan nama dan nomor telepon dari kontak baru yang ingin dibuat.

Penutup

Jadi kurang lebih begitulah cara melihat kontak di Gmail sampai dengan mengekpornya kedalam HP, yang tentu saja tidak sulit untuk dilakukan. Mimin sendiri sudah sering melakukan hal tersebut dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya.

Bagi kalian yang menggunakan HP Android, pembahasan yang mimin berikan diatas sebaiknya dipahami secara menyeluruh.

Sebab jika nanti HP kalian mengalami kendala yang dimana mengharuskan kalian untuk melakukan reset, maka penjelasan yang telah diberikan diatas tentunya bisa sangat membantu kalian dalam mengembalikan kontak yang terhapus.

Kalau ada penjelasan yang belum jelas mengenai tutorial cara melihat kontak di Gmail diatas, kalian bisa langsung menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *