Internet

Cara Live Streaming di Twitch Untuk Pemula

Cara live streaming di Twitch bagi pemula sangat mudah untuk dilakukan khususnya bagi kalian yang hobi bermain video game dan ingin menyalurkan hobi kalian agar bisa di tonton banyak orang.

Salah satu platform yang paling terkenal untuk melakukan live steaming adalah Twitch. Platform ini sudah banyak digunakan oleh para streamer diseluruh dunia untuk menyalurkan karyanya.

Tidak hanya bermain game, Twitch sendiri mempunyai banyak konten live streaming yang beragam, seperti melukis, memasak, bermain musik, dan masih banyak lagi konten dari para kreator.

Selain itu, siapapun dapat menjadi seorang streamer di platform yang satu ini, baik itu dengan menggunakan laptop ataupun smartphone.

Siapapun bisa menjadi streamer dan melakukan live streaming di Twitch dengan menyediakan perangkat live streaming yang diperlukan.

Jadi, jika kalian ingin memulai perjalanan sebagai seorang steamer di Twitch, silahkan simak tutorial cara live streaming di Twitch berikut.

Apa itu Twitch

Twitch adalah salah satu platform live streaming secara online milik Amazon yang telah sangat terkenal diseluruh dunia, khususnya bagi kalangan gamer.

Seiring dengan semakin populernya Twitch, semakin banyak juga para streamer yang ingin berkarya di plaform satu ini, Terkhusus nya di bidang game online seperti Valorant, Apex Legends, dan Call of Duty.

Twitch tidak hanya menyediakan live streaming game saja, tetapi platform ini juga menyediakan segala aspek konten seperti memasak, bermain musik, dan konten vlog.

Penonton juga dapat berinteraksi dengan streaming favorit mereka melalui fitur live chat yang sudah disediakan untuk berkomunikasi.

Baca juga: Begini Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form

Cara Live Streaming di Twitch

Twitch tersedia kedalam dua platform yang berbeda. Platform tersebut yaitu di website resmi dan di aplikasi mobile. Tapi pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara live streaming di Twitch melalui website resminya.

Berikut langkah-langkah cara live streaming di Twitch:

1. Buat Channel Twitch

Jika kalian ingin melakukan live streaming di Twitch, pastinya harus mempunyai akun atau channel nya terlebih dahulu bukan? Sebab channel inilah yang nanti akan kalian gunakan untuk melakukan live streaming.

Cara membuat channel di Twitch sangatlah gampang untuk kalian lakukan. Silahkan untuk disimak langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Pertama silahkan kunjungi situs resmi Twitch melalui browser kalian dengan mengetikkan Twitch di kolom pencarian.

Cara Live Streaming di Twitch

Langkah 2: Selanjutnya dihalaman utama Twitch, silah klik Sign Up yang ada pada kanan atas layar kalian lalu masukkan Username dan Password lalu klik Next Step.

Cara Live Streaming di Twitch

Langkah 3: Berikutnya kalian akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon. Jika kalian tidak ingin melakukan verifikasi melalui nomor telepon, kalian bisa mengklik tulisan Use email instead dan masukkan email kalian lalu klik lagi Next Step.

Cara Live Streaming di Twitch

Langkah 4: Setelah itu kalian akan diminta lagi untuk memasukkan tanggal lahir. Silahkan masukkan tanggal lahir kalian kemudian klik Sign Up.

Cara Live Streaming di Twitch

Setalah itu akan muncul jendela baru dimana kalian diminta untuk memasukkan kode verifikasi. Silahkan cek email kalian lalu masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email kalian.

Langkah 5: Selamat channel Twitch kalian telah selesai dibuat. Kalian bisa melakukan costumize pada channel kalian, seperti menambahkan foto profil, bio, dan sampul.

2. Hubungkan OBS dengan Twitch

Setelah channel telah berhasil kalian buat, maka langkah berikutnya yaitu menghubungkan OBS dengan twitch agar kalian dapat melakukan live streaming melalui OBS yang ke channel Twitch kalian.

Selain untuk recording, OBS sendiri dapat kita gunakan untuk melakukan live streaming tak terkecuali dengan live streaming di Twitch. Berikut ini cara-caranya.

Pertama: Silahkan instal terlebih dahulu OBS (Open Broadcast Software) ke dalam perangkat kalian. Setelah selesai diinstal silahkan klik tanda + yang ada pada menu resource.

Kemudian pilih Game Capture jika kalian ingin melakukan live streaming gaming atau jika kalian ingin melakukan live streaming mengenai tutorial, silahkan pilih Display Capture.

Cara Live Streaming di Twitch

Kedua: Selanjutnya akan muncul pop window yang dimana kalian diminta untuk mengatur tangkapan layar kalian. Pada menu mode silahkan ubah Capture any fullscreen application menjadi Capture specific window.

Kemudian pada menu window, silahkan kalian pilih tangkapan layar kalian. Misalnya kalian bermain game menggunakan Steam, silahkan pilih game kalian pada menu window ini lalu tekan OK.

Cara Live Streaming di Twitch

Ketiga: Jika semuanya sudah selesai, silahkan masuk ke menu Settings lalu pilih Stream. Kemudian pada menu Service, silahkan diubah menjadi Twitch.

Cara Live Streaming di Twitch

Keempat: Masih pada menu yang sama, kalian akan diberikan 2 pilihan untuk melakukan stream. Pertama dengan menggunakan Stream Key dan kedua dengan menghubungkan akun.

Mimin sarankan agar memilih pilihan kedua yaitu dengan menguhubungkan akun, sebab cara ini sangat simpel dan cepat daripada harus menggunakan stream key.

Silahkan klik Connect Account lalu akan muncul jendela baru dimana kalian diminta untuk login dengan akun Twitch yang sudah kalian buat kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email lalu Authorize.

Cara Live Streaming di Twitch

Kelima: Selamat akun Twitch kalian telah berhasil terhubung dengan OBS. Jangan lupa untuk menekan Start Streaming pada menu sebelah kanan OBS jika kalian ingin segera melakukan live streaming.

Cara Live Streaming di Twitch

Penutup

Secara garis besar, cara live streaming di Twitch sangat mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang mimin berikan diatas.

Itulah langkah-langkah mengenai cara live streaming di Twitch yang bisa kalian coba mulai sendiri. Sebelum kalian live streaming, pastikan terlebih dahulu kalau koneksi internet kalian lancar.

Sebab apabila koneksi internet kalian tidak stabil, maka hasil dari live streaming pun kurang bagus atau bahkan bisa mengalami lag.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *