Windows

Cara Kunci Folder di Windows 10 Tanpa Ribet

Cara kunci folder di Windows 10 khususnya pada era digital ini, privasi data menjadi semakin penting. Saat kita menggunakan komputer, terutama sistem operasi Windows 10, kita ingin memastikan bahwa data kita aman.

Salah satu langkah yang dapat kita ambil adalah dengan mengunci folder untuk menjaga agar privasi kita tetap terjaga didalam folder tersebut.

Windows 10 sendiri sebenarnya sudah menyediakan fitur bawaan yang dimana memungkinkan kita untuk mengunci folder dengan menggunakan fitur tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara kunci folder di Windows 10, silahkan disimak pembahasan dibawah sebagai berikut.

Cara Kunci Folder di Windows 10

Cara Kunci Folder di Windows 10

Cara kunci folder di Windows 10 sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, khususnya bagi Anda yang baru saja menginstal sistem operasi Windows ini kedalam perangkat Anda.

Berikut ini cara kunci folder di Windows 10:

1. Melalui Fitur Bawaan Windows

Cara kunci folder di Windows 10 yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur bawaan Windows. Windows 10 telah dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan kita untuk mengunci folder dengan mudah.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka File Explorer dengan mengeklik ikon folder di taskbar atau menekan tombol Windows + E.
  2. Buat folder baru di lokasi tempat Anda ingin menyimpan data yang aman.
  3. Beri nama folder sesuai keinginan Anda.
  4. Klik kanan pada folder yang ingin Anda kunci, kemudian pilih Properties.
  5. Pada jendela Properties, pilih tab General.
  6. Di bagian bawah jendela, klik tombol Advanced.
  7. Di jendela Advanced Attributes, centang kotak Encrypt contents to secure data. Klik OK.
  8. Klik Apply pada jendela Properties untuk mengenkripsi folder.
  9. Sistem akan meminta Anda untuk membuat password untuk folder tersebut. Buatlah password yang kuat dan pastikan untuk mengingatnya.

2. Mengatur Izin Akses Folder

Selain mengunci folder, Anda juga dapat mengatur izin akses folder. Ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan siapa yang dapat melihat atau mengedit folder tersebut. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Klik kanan pada folder yang ingin Anda atur izin aksesnya.
  2. Pilih Properties dari menu yang muncul.
  3. Di jendela Properties, pilih tab Security.
  4. Klik tombol Edit untuk mengubah izin akses.
  5. Pilih pengguna atau grup yang ingin Anda atur izinnya.
  6. Atur izin sesuai keinginan Anda, misalnya, Anda dapat mengizinkan atau melarang akses penuh, membaca saja, atau tidak mengizinkan akses sama sekali.
  7. Setelah mengatur izin, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

3. Menggunakan Bitlocker

Jika Anda ingin mengunci seluruh drive atau partisi, Anda dapat menggunakan fitur BitLocker yang disediakan oleh Windows 10.

BitLocker memungkinkan Anda untuk mengenkripsi seluruh drive atau partisi, sehingga data di dalamnya akan aman dari akses yang tidak sah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel dengan mengetik Control Panel di kotak pencarian Windows.
  2. Pilih BitLocker Drive Encryption dari daftar opsi.
  3. Aktifkan BitLocker pada drive atau partisi yang ingin Anda kunci. Anda akan diminta untuk membuat password atau menggunakan USB sebagai kunci.

Baca juga: Cara Update Windows 11 Secara Otomatis dan Manual

4. Melalui Encrypting File System

Selain menggunakan fitur bawaan Windows 10, Anda juga dapat menggunakan Encrypting File System (EFS) untuk mengunci folder agar aman.

EFS adalah salah satu cara lain yang dapat digunakan untuk mengamankan file dan folder di sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada folder yang ingin Anda enkripsi, lalu pilih Properties.
  2. Di jendela Properties, pilih tab General.
  3. Di bagian bawah jendela, centang kotak Encrypt contents to secure data. Setelah itu, klik OK.
  4. Anda akan diberi opsi untuk mengenkripsi hanya folder tersebut atau juga subfolder dan file di dalamnya. Pilih sesuai kebutuhan Anda.
  5. Klik OK dan Apply untuk mulai mengenkripsi folder dan isinya.
  6. Sistem akan menghasilkan file sertifikat yang diperlukan untuk mengakses file yang dienkripsi. Pastikan untuk membuat cadangan file sertifikat ini di tempat yang aman.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kunci folder di Windows 10 yang terakhir yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Selain menggunakan fitur bawaan Windows 10, kita juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci folder.

Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda pertimbangkan adalah Folder Lock dan Wise Folder Hider. Langkah-langkah penggunaannya biasanya cukup sederhana dan intuitif.

Anda cukup menginstal aplikasi tersebut, lalu ikuti panduan yang diberikan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti VeraCrypt untuk mengunci drive atau partisi.

Baca juga: Cara Mengatasi Local Disk C Penuh Pada Windows

Penutup

Begitulah beberapa cara kunci folder di Windows 10 dengan menggunakan fitur bawaan Windows sampai dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dalam cara kunci folder di Windows 10, menjaga keamanan password sangat penting. Pastikan Anda menggunakan password yang kuat, kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Selain itu, sebisa mungkin hindari menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama sederhana. Gunakan juga manajer kata sandi untuk mengelola dan menghasilkan kata sandi yang aman.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *