Windows

Cara Instal Ulang Windows 7 Untuk Pemula

Cara instal ulang Windows 7 khusus untuk pemula terbilang cukup mudah untuk Anda lakukan, khususnya bagi Anda yang belum mengetahui cara instal ulang Windows 7.

Mungkin bagi seorang yang selalu menggunakanan komputer untuk mendukung keperluan aktivitas mereka sehari-hari mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sistem operasi windows 7.

Sistem operasi ini merupakan salah satu sistem operasi keluaran anyar yang pertama kali di rilis oleh Micorsoft corporation pada awal tahun 2007 silam.

Spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh sistem operasi ini memang terbilang cukup mumpuni dibandingkan dengan sistem operasi windows versi lawas.

Cara Instal Ulang Windows 7

Cara Instal Ulang Windows 7

Bagi sebagian orang masih belum paham sepenuhnya tentang bagaimana cara instal ulang windows 7 dengan atau tanpa upgrade data terlebih dahulu.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas sedikit tips dan langkah yang tepat untuk membantu anda melalukan proses instalasi dengan sistem operasi windows 7 ini.

Jika Anda penasaran bagaimana cara instal ulang Windows 7, Anda dapat menyimak baik-baik ulasan kami di bawah ini. Berikut ini cara instal ulang Windows 7 untuk pemula.

Berikut cara instal ulang Windows 7 untuk pemula:

1. Melalui Fitur Upgrade

Secara umum proses dalam instalasi windows 7 ini umumnya sama dengan windows xp ataupun sistem operasi windows lainnya.

Langkah pertama sebelum anda melakukan proses instalasi ialah dengan cara memback up semua data penting yang anda di komputer anda terlebih dahulu.

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara mentransfer file atau memburning data ke CD/DVD room, ataupun dengan cara memindahkan semua file anda ke komputer lain. berikut ini cara instal ulang windows 7 dengan upgrade.

Langkah 1: Backup terlebih dahulu data-data di Drive C yang menurut Anda penting.

Langkah 2: Apabila anda telah memback up data penting langkah selanjutnya ialah menginstall dengan menggunakan tool Windows 7 Upgrade Advisor.

Langkah 3: Jika anda belum memilikinya anda dapat mendownloadnya secara gratis di Situs resmi Microsoft, tool ini berfungsi untuk mengetahui apakah komputer anda mampu menjalankan sistem operasi windows 7 atau tidak.

Langkah 4: Langkah selanjutnya ialah menjalankan CD/DVD installer windows 7 dari sistem operasi windows di perangkat komputer Anda

Langkah 5: kemudian akan muncul kotak panduan instalasi, anda dapat memilih opsi yang disediakan baik itu upgrade atau custom.

semua langkah proses instalasi di paparkan di dalam kotak dialog ini, jadi anda tak pelu khawatir sebab semua proses instalasi umumnya memiliki urutan yang sama.

Langkah 6: Langkah terakhir setelah proses instalasi selesai ialah dengan cara memulihkan data yang terdapat dalam komputer anda, baik itu dengan menggunakan tool Windows Easy Transfer ataupun secara manual.

Baca juga: Cara Update Windows 11 Secara Otomatis dan Manual

2. Melalui CD Windows

Install Windows 7 Tanpa Upgrade atau dengan menggunakan Bootable secara umum dilakukan jika perangkat komputer anda belum memiliki sistem operasi windows.

Hal ini juga bisa dilakukan jika anda ingin menghapus semua sistem operasi lama di komputer anda dan mengganti sistem operasi tersebut dengan sistem operasi windows keluaran terbaru.

Nah, maka anda dapat melalukannya dengan cara membooting komputer anda dengan menggunakan CD/DVD Windows 7 ini. Berikut caranya:

  1. Pertama, pada jendela tab install windows, lakukan pemilihan setting bahasa.
  2. Jika sudah selesai mengatur pemilihan bahasa klik next untuk melanjutkan proses instalasi.
  3. Pada jendela pesan yang keluar, I accept the license terms kemudian tekan tombol Next
  4. Kemudian akan muncul jendela pesan yang bertuliskan Which type of installation do you want ?
  5. Anda dapat memilihnya dengan pilihan Custom.
  6. Apabila muncul pesan yang berbunyi Where do you want to install Windows? anda dapat memilih pilihan Drive options (advanced).
  7. Terakhir, Lanjutkan langkah-langkah instalasi tersebut hingga selesai.

Pastikan juga sebelum memulai proses instalasi Windows 7 ini, sebaiknya backup data-data yang menurut Anda penting yang berada di dalam local disk C.

Penutup

Mungkin hanya itu ulasan kami mengenai cara instal Windows 7 dengan atau tanpa upgrade, semoga dengan artikel kami yang singkat ini dapat membantu para pembaca yang masih baru ingin mencoba untuk menginstal Windows 7.

Untuk sekarang ini Windows 7 sudah tidak mengeluarkan versi terbaru lagi, namun sistem operasi Windows yang bisa dibilang sangat stabil ini masih bisa di instal di perangkat Anda.

Apabila ada yang mau ditanyakan mengenai tutorial yang telah dibahas diatas, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *