Editing

Cara Hilangkan Background di Photoshop Dengan Mudah

Cara hilangkan background di Photoshop mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang, khususnya bagi Anda yang baru saja ingin belajar menggunakan software desain grafis yang satu ini.

Apakah Anda seorang desainer grafis, fotografer, atau hanya seorang yang senang mengedit foto? Jika ya, Anda pasti pernah berurusan dengan tugas yang cukup umum di dunia desain, yaitu menghilangkan background dari sebuah gambar.

Adobe Photoshop adalah salah satu software terbaik yang dapat membantu Anda melakukan tugas ini dengan hasil yang sangat memuaskan.

Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas secara detail mengenai cara hilangkan background di Photoshop, berikut pembahasannya.

Cara Hilangkan Background di Photoshop

Cara Hilangkan Background di Photoshop

Cara hilangkan background tidak sulit untuk dilakukan. Jika Anda penasaran bagaimana cara hilangkan background di photoshop, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah.

Berikut cara hilangkan background di Photoshop:

1. Buka Gambar yang Ingin di Hilangkan Background

Pertama silahkan buka gambar yang ingin dihilangkan backgound nya terlebih dahulu. Ini adalah hal yang sangat penting dalam proses menghilangkan background.

Sebab ini merupakan tahapan awal di mana Anda akan memasukkan gambar yang ingin Anda edit ke dalam software Photoshop. Untuk melakukannya dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama:

  1. Pertama jalankan software Adobe Photoshop di PC atau Laptop Anda.
  2. Setelah Photoshop terbuka silahkan buka gambar yang ingin dipilih dengan menekan shortcut CTRL + O.
  3. Pilih gambar yang ingin dihilangkan background nya.
  4. Sekarang gambar yang telah dipilih akan muncul di lembar kerja Photoshop.

Pastikan bahwa Anda membuka gambar yang benar-benar Anda inginkan, karena langkah-langkah cara hilangkan background di Photoshop selanjutnya akan berfokus pada mengedit gambar tersebut untuk menghilangkan backgroundnya.

2. Gunakan Alat Lasso dan Pen Tool

Setelah Anda berhasil membuka gambar yang ingin Anda edit dalam Adobe Photoshop, langkah berikutnya adalah memilih alat yang akan digunakan untuk membuat seleksi objek yang akan Anda pertahankan.

Dua alat yang paling umum digunakan untuk melakukan ini adalah “Lasso Tool” dan “Pen Tool.” Pemilihan alat ini akan memengaruhi tingkat presisi dan kendali yang Anda miliki dalam membuat seleksi objek.

Lasso Tool adalah alat yang sederhana tetapi sangat berguna untuk membuat seleksi bebas. Ini cocok untuk objek dengan bentuk yang lebih sederhana atau ketika Anda ingin membuat seleksi yang kurang presisi.

Sedangkan Pen Tool adalah alat yang lebih canggih dan presisi. Ini digunakan untuk membuat seleksi dengan tepat di sepanjang tepi objek yang lebih kompleks, seperti objek dengan banyak sudut atau kurva yang tajam.

3. Buat Seleksi Objek

Setelah Anda memilih alat yang sesuai, seperti Lasso Tool atau Pen Tool, langkah selanjutnya adalah membuat seleksi objek yang ingin Anda pertahankan.

Pada langkah cara hilangkan background di Photoshop ini, Anda harus dengan cermat menentukan batas-batas objek yang akan diisolasi dari latar belakang.

Berikut adalah panduan lebih rinci tentang cara membuat seleksi objek:

Menggunakan Lasso Tool

Jika Anda memilih menggunakan “Lasso Tool” untuk membuat seleksi objek, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Letakkan kursor mouse Anda di dekat objek yang ingin Anda seleksi, lalu klik satu kali untuk memulai seleksi.
  2. Tahan tombol mouse dan mulailah menarik tali lasso sekitar objek dengan lembut. Cobalah untuk mengikuti kontur objek sebaik mungkin.
  3. Lanjutkan menarik tali lasso hingga Anda kembali ke titik awal. Saat Anda mencapai titik awal, lepaskan tombol mouse. Seleksi akan ditutup, dan objek akan terpilih.

Menggunakan Pen Tool

Jika Anda memilih menggunakan “Pen Tool” untuk membuat seleksi objek, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Klik pada titik awal di sekitar objek yang ingin Anda seleksi. Ini akan menjadi awal dari path (jalur) Anda.
  2. Teruskan dengan mengklik dan menarik garis melalui kontur objek. Jika objek memiliki sudut tajam, Anda dapat membuat sudut dengan mengklik dua kali pada titik tersebut.
  3. Setelah Anda menggambar path mengelilingi seluruh objek, pastikan path tersebut menutup dengan mengklik kembali pada titik awal atau dengan menarik garis path ke titik awal.
  4. Klik kanan pada path yang Anda buat, dan pilih Make Selection dari menu konteks. Ini akan mengubah path menjadi seleksi aktif.

Ingatlah bahwa saat membuat seleksi, tujuan Anda adalah untuk mengisolasi objek dengan sebaik mungkin, sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah menghapus latar belakangnya.

Jika Anda menggunakan Pen Tool, Anda dapat menyesuaikan path sebanyak yang Anda inginkan untuk mencapai hasil yang presisi.

Baca juga: Cara Mempertajam Foto di Photoshop Untuk Pemula

4. Hilangkan Background

Setelah Anda berhasil membuat seleksi objek dalam langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menghapus background gambar.

Cara Anda melakukannya akan tergantung pada versi Photoshop yang Anda gunakan dan preferensi Anda. Ada beberapa metode umum yang bisa Anda gunakan:

Menggunakan Layer Mask

Langkah ini memungkinkan Anda menghapus background tanpa menghapus piksel asli dari gambar. Jika Anda perlu mengembalikan background, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Berikut Berikut cara hilangkan background di Photoshop menggunakan Layer Mask:

  1. Pastikan seleksi objek Anda masih aktif.
  2. Di panel Layers, pastikan layer gambar yang Anda kerjakan terpilih.
  3. Klik tombol Add Layer Mask yang terletak di bagian bawah panel Layers. Ini akan membuat lapisan mask yang terkait dengan layer gambar Anda.
  4. Setelah Anda menambahkan layer mask, latar belakang akan menjadi transparan, sehingga hanya objek yang akan terlihat.
  5. Jika Anda ingin mengembalikan sebagian dari background, Anda dapat menggunakan alat kuas di dalam layer mask untuk menggambar kembali area yang ingin Anda tampilkan.

Menggunakan Cut atau Copy-Paste

Metode ini lebih sederhana tetapi permanen, yang berarti jika Anda menghapus background, Anda tidak dapat mengembalikannya dengan mudah. Ini cocok jika Anda yakin tidak akan memerlukan background lagi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan seleksi objek Anda masih aktif.
  2. Gunakan perintah Cut (Ctrl + X) atau Copy (Ctrl + C) untuk menghapus objek yang dipilih dari latar belakang.
  3. Buka lapisan latar belakang baru atau buat background baru di layer yang berbeda.
  4. Gunakan perintah Paste (Ctrl + V) untuk menempatkan objek yang telah Anda hapus ke latar belakang baru.

Menggunakan Background Eraser Tool

Photoshop juga memiliki alat yang disebut Background Eraser Tool yang dirancang khusus untuk menghapus latar belakang. Berikut cara hilangkan background di Photoshop menggunakan Background Eraser Tools:

  1. Pilih Background Eraser Tool dari panel tools.
  2. Sesuaikan ukuran kuas dan pengaturan lainnya di atas layar sesuai kebutuhan Anda.
  3. Klik dan geser kuas di sekitar latar belakang yang ingin Anda hapus. Alat ini secara otomatis akan menghapus warna latar belakang yang serupa dengan yang Anda klik.

Selama Anda berhati-hati dan menjaga seleksi objek Anda tetap aktif, Anda dapat menggunakan salah satu dari metode ini untuk menghilangkan background dengan efektif.

5. Simpan Gambar

Setelah Anda puas dengan hasilnya, jangan lupa untuk menyimpan gambar Anda. Klik File > Save As (atau tekan Ctrl + Shift + S pada keyboard) dan pilih format file yang Anda inginkan (misalnya, JPEG atau PNG).

Itu dia! Anda telah berhasil menghilangkan background dari gambar menggunakan Adobe Photoshop. Sekarang Anda dapat menggunakan gambar tersebut untuk berbagai keperluan, baik itu desain grafis, media sosial, atau proyek kreatif lainnya.

Akhir Kata

Jadi kurang lebih seperti itulah cara hilangkan background di Photoshop dengan menggunakan tools yang sudah tersedia di software Adobe Photoshop.

Menghilangkan background di Photoshop adalah keterampilan yang berguna dan sering digunakan dalam dunia desain dan fotografi.

Dengan mengikuti cara hilangkan background di Photoshop di atas, Anda dapat menguasai teknik ini dan menghasilkan gambar yang lebih profesional dan menarik.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tambahan tentang cara hilangkan background di Photoshop, jangan ragu untuk berbagi dalam komentar di bawah ini.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *