Editing

Begini Cara Hapus Objek di Photoshop Untuk Pemula

Cara hapus objek di Photoshop tidaklah sulit untuk dilakukan khususnya bagi Anda yang hobi dalam mengedit suatu gambar atau bekerja di dunia desain grafis.

Dalam era digital yang penuh dengan inovasi visual, kemampuan untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar adalah keterampilan yang sangat berharga.

Apakah Anda pernah mengambil foto yang sempurna, namun ada objek asing yang mengganggu di latar belakang? Atau mungkin Anda ingin membersihkan gambar dari imperfeksi yang mengganggu?

Pembahasan artikel berikut ini akan membantu Anda memahami langkah-langkah cara hapus objek di Photoshop. Bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya, silahkan simak pembahasan berikut.

Cara Hapus Objek di Photoshop

Cara Hapus Objek di Photoshop

Mungkin kebanyakan orang masih belum mengetahui bagaimana cara hapus objek di Photoshop. Namun jangan khawatir karena mimin akan membahas langkah-langkahnya secara rinci.

Berikut cara hapus objek di Photoshop:

1. Buka Gambar

Langkah pertama tentu saja adalah membuka gambar yang ingin Anda edit di Photoshop. Anda dapat melakukannya dengan membuka program Photoshop, lalu memilih “File” > “Open” dan mencari file gambar yang ingin Anda edit.

Pastikan gambar yang ingin diedit memiliki resolusi sekitar 720 pixel agar hasil dari pengeditannya bisa lebih maksimal dan tidah pecah-pecah.

2. Duplikat Layer

Sebelum Anda mulai menghapus objek, adalah ide baik untuk membuat salinan lapisan (layer) asli gambar. Ini akan membantu Anda jika Anda membuat kesalahan atau ingin membandingkan hasil akhir dengan gambar asli.

Untuk melakukannya, berikut cara duplikat layer di Phoshop:

  1. Klik kanan pada lapisan gambar di panel Layers (biasanya di sebelah kanan layar).
  2. Pilih Duplicate Layer dari menu yang muncul.
  3. Beri nama lapisan baru Anda (opsional) dan klik OK.

3. Gunakan Healing Tool

Untuk cara menghapus objek di Photoshop dari gambar, kita akan menggunakan healing tool di Photoshop. Terdapat beberapa pilihan alat penjagaan, termasuk:

  • Spot Healing Brush Tool: Digunakan untuk menghapus noda kecil atau benda-benda kecil di gambar.
  • Healing Brush Tool: Cocok untuk menghapus objek dengan tepi yang lebih rumit.
  • Clone Stamp Tool: Mengganti area yang ingin dihapus dengan area lain yang serupa di gambar.

Pilih alat yang sesuai dengan objek yang ingin Anda hapus, dan pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai dengan objek tersebut.

Baca juga: Cara Hilangkan Background di Photoshop Dengan Mudah

4. Hapus Objek

Langkah keempat ini merupakan inti dari proses menghapus objek di Photoshop. Pada langkah ini, Anda akan menggunakan healing tool untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar Anda.

Adobe Photoshop menyediakan beberapa pilihan healing tool yang dapat Anda pilih sesuai dengan tingkat kompleksitas objek yang akan dihapus.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sorot objek yang ingin Anda hapus dengan alat penjagaan yang Anda pilih.
  2. Klik pada objek dan geser mouse untuk menutupi area yang ingin dihapus dengan area sekitarnya yang serupa.
  3. Terus geser mouse sepanjang objek sampai objek tersebut hilang.
  4. Jika Anda membuat kesalahan, Anda dapat menggunakan Ctrl+Z (Windows) atau Command+Z (Mac) untuk membatalkan langkah terakhir.

5. Save Gambar

Setelah Anda berhasil menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar dengan keahlian Anda di Adobe Photoshop, langkah cara hapus objek di Photoshop yang terakhir adalah menyimpan gambar dengan perubahan yang telah dilakukan.

Simpanan gambar yang baik akan memungkinkan Anda mengaksesnya kapan saja dan menjaga kualitasnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan gambar Anda:

  1. Di bagian atas layar, klik menu File.
  2. Gunakan Save jika ingin menggantikan gambar asli, atau Save As jika ingin menyimpan dengan nama atau format baru.
  3. Tentukan di mana gambar akan disimpan.
  4. Berikan nama file yang deskriptif agar mudah ditemukan.
  5. Pilih format file yang sesuai (JPEG atau PNG).
  6. Konfirmasikan penyimpanan.
  7. Pastikan gambar baru yang disimpan sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan langkah ini, Anda telah berhasil menyimpan gambar hasil editan Anda dan siap untuk menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: Cara Mempertajam Foto di Photoshop Untuk Pemula

Akhir Kata

Jadi begitulah tutorial cara hapus objek di Photoshop yang bisa Anda coba praktekkan sendiri dengan menggunakan bantuan tools yaitu Healing Tools.

Menghapus objek dari gambar adalah salah satu keterampilan editing gambar yang sangat penting. Dengan menguasainya, Anda akan dapat meningkatkan kualitas gambar Anda,dan menciptakan komposisi yang lebih menarik.

Apabila ada pertanyaan atau pesan yang ingin disampaikan, bisa menggunakan kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *