Editing

Cara Crop Video di Adobe Premiere untuk Pemula

Cara crop video di Adobe Premiere mungkin bagi sebagian orang-orang masih belum mengetahui bagaimana cara melakukannya terkhususnya bagi Anda yang baru saja belajar software Adobe Premiere ini.

Adobe Premiere adalah salah satu perangkat lunak pengeditan video yang paling populer di dunia. Dengan berbagai fitur canggihnya, Adobe Premiere memungkinkan Anda untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Salah satu tugas yang umum dilakukan dalam pengeditan video adalah melakukan cropping atau pemangkasan untuk mengubah ukuran atau merubah komposisi video.

Bagi mereka yang baru memulai perjalanan mereka dalam dunia editing video, proses cropping bisa terasa rumit dan terkadang membingungkan.

Namun, dengan menggunakan software Adobe Premiere, Anda dapat dengan mudah memotong bagian video yang tidak diinginkan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara crop video di Adobe Premiere, silahkan untuk disimak pembahasan artikel kali ini.

Cara Crop Video di Adobe Premiere

Cara Crop Video di Adobe Premiere

Sebelum kita memulai proses cara crop video di Adobe Premiere, kita perlu melakukan beberapa persiapan awal. Pertama-tama, pastikan bahwa videomu sudah ter-upload ke dalam komputer dan dapat diakses.

Kedua, buka Adobe Premiere dan buat proyek baru. Klik File di bilah menu utama, lalu pilih New Project. Berikan nama dan tentukan lokasi di mana file proyek akan disimpan. Setelah itu, klik OK.

Jika Anda belum mengetahui cara import video di Adobe Premiere, berikut ini caranya:

  1. Buka Adobe Premiere dan buat proyek baru.
  2. Pilih File di menu atas, lalu pilih Import.
  3. Cari video yang ingin Anda crop dan pilih Open.
  4. Video telah berhasil dimasukkan ke dalam “Project” panel.
  5. Tarik video ke dalam Timeline panel dengan cara klik dan tahan pada video, lalu seret ke bagian kosong pada Timeline panel.

Setelah berhasil menambahkan video ke dalam timeline, kita siap memotong bagian yang tidak diinginkan. Langkah-langkah selanjutnya akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Menggunakan Fitur Crop di Adobe Premiere

Setelah Anda memasukkan video ke dalam proyek Adobe Premiere, langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur crop untuk memotong bagian yang tidak diinginkan. Dalam Adobe Premiere, fitur crop terletak di bagian Effect Controls panel.

Untuk cara crop video di Adobe Premiere menggunakan fitur crop, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, pastikan klip video yang ingin Anda crop telah diposisikan di timeline.
  2. Kemudian, klik video tersebut untuk memilihnya.
  3. Buka Effect Controls panel dengan mengklik ikon Effect Controls pada bagian kanan atas layar.
  4. Cari fitur Crop dengan mengetikkan crop pada kotak pencarian Effect Controls.
  5. Klik dua kali pada fitur Crop untuk menerapkannya pada video yang telah Anda pilih.
  6. Untuk memotong video, masukkan nilai crop pada kolom Crop Left, Crop Right, Crop Top, dan Crop Bottom.
  7. Anda juga dapat mengatur rasio aspek video pada kolom Aspect Ratio.
  8. Untuk mengubah posisi crop pada video, klik dan seret titik fokus pada layar previuw di Effect Controls panel.

Dengan mengikuti cara crop video di Adobe Premiere di atas, Anda dapat dengan mudah crop video di Adobe Premiere untuk memotong bagian yang tidak diinginkan.

Selain itu, Adobe Premiere juga menyediakan beberapa fitur crop video lainnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas video Anda.

  • Fitur Crop to Fit melihat secara otomatis ukuran video dan mengatur crop untuk menyesuaikannya dengan rasio aspek.
  • Fitur Rotate memungkinkan Anda memutar video dalam sudut tertentu.
  • Fitur Distort memungkinkan Anda mengubah perspektif pada video.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat menghasilkan video dengan kualitas yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Memahami Pengertian Adobe Premiere dan Kegunaan

Cara Export Video di Adobe Premiere

Setelah Anda selesai mengedit video menggunakan Adobe Premiere, langkah terakhir adalah mengekspor video yang telah Anda edit.

Proses ini akan menghasilkan video dalam format yang dapat diputar pada komputer atau perangkat yang compatible dengan format tersebut.

Sebelum mengekspor video, pastikan bahwa pengaturan proyek Anda sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih pengaturan yang telah disediakan oleh Adobe Premiere atau mengcustom pengaturan Anda sendiri.

Untuk cara export video di Adobe Premiere, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih bagian yang ingin Anda eksport dengan menandai range dalam timeline.
  2. Pilih File > Export > Media.
  3. Secara default, Adobe Premiere akan mengekspor video dalam format H.264. Anda dapat memilih format yang berbeda jika diinginkan.
  4. Pilih direktori tempat video akan disimpan dan berikan nama pada file video tersebut.
  5. Klik tombol Export untuk memulai proses eksportasi video.

Pastikan untuk memeriksa kembali pengaturan yang sudah Anda pilih dan pastikan video yang telah diexport sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penutup

Jadi kurang lebih seperti itulah bagaimana cara crop video di Adobe Premiere yang bisa Anda coba praktekkan sendiri menggunakan perangkat Anda.

Di Adobe Premiere, teknik crop video sangatlah penting untuk menghasilkan video yang sempurna. Kami telah membahas cara memasukkan video ke dalam timeline proyek, menggunakan fitur crop, dan mengekspor hasil editing Anda.

Apabila ada yang mau ditanyakan tentang pembahasan cara crop video di Adobe Premiere diatas, silahkan gunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *