Windows

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Secara Permanen

Cara aktivasi Windows 10 pro mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan sistem operasi Windows yang sangat populer ini.

Aktivasi Windows 10 Pro sendiri adalah langkah penting yang perlu Anda lakukan setelah menginstal sistem operasi ini di perangkat Anda.

Jika Windows 10 Pro tersebut tidak diaktivasi, pastinya akan muncul pesan aktivasi Windows yang muncul di bagian bawah kanan layar Anda.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara aktivasi Windows 10 Pro, silahkan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Apa itu Windows 10 Pro?

Sebelum memulai aktivasi, penting untuk memahami apa itu Windows 10 Pro. Windows 10 Pro adalah versi Windows 10 yang ditujukan untuk penggunaan profesional dan bisnis.

Ini memberikan fitur tambahan yang tidak tersedia di versi Windows 10 Home, seperti keamanan yang lebih baik, kemampuan pengelolaan jaringan yang lebih lengkap, dan lebih banyak opsi untuk pengaturan kebijakan perusahaan.

Windows 10 Pro juga dirancang untuk melakukan tugas yang lebih berat dengan performa yang lebih baik. Ini memungkinkan untuk menjalankan aplikasi yang lebih kompleks dan berat seperti pengolahan gambar, pengeditan video, dan aplikasi desain.

Dengan Windows 10 Pro, pengguna juga dapat terhubung dengan domain perusahaan dan mengakses fitur jarak jauh seperti Remote Desktop, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer dari lokasi lain.

Jika Anda mencari sistem operasi yang canggih untuk kebutuhan profesional atau bisnis, Windows 10 Pro adalah pilihan yang sempurna. Dengan lebih banyak fitur dan kemampuan, Anda dapat memaksimalkan produktivitas Anda.

Persyaratan Aktivasi Windows 10 Pro

Cara Aktivasi Windows 10 Pro

Sebelum melanjutkan proses cara aktivasi Windows 10 Pro, ada baiknya pastikan bahwa kedua persyaratan berikut telah terpenuhi:

  1. Diperlukan koneksi internet.
  2. Diperlukan kode produk Windows 10 Pro.

Pastikan juga bahwa komputer Anda memenuhi persyaratan sistem minimum untuk menjalankan sistem operasi Windows 10 Pro tersebut.

Jika Anda masih menggunakan versi Windows yang lebih lama, lakukan upgrade terlebih dahulu sebelum mengaktivasi Windows 10 Pro.

Saat melakukan aktivasi, pastikan juga bahwa kode produk yang Anda gunakan adalah kode produk yang sah. Hindari menggunakan kode produk bajakan atau yang diperoleh dari sumber yang tidak terpercaya.

Setelah memastikan bahwa semua persyaratan terpenuhi, Anda dapat melanjutkan ke langkah-langkah cara aktivasi Windows 10 Pro dibawah.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro

Cara aktivasi Windows 10 Pro sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Bagi kalian yang ingin mengetahui caranya, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

Berikut cara aktivasi Windows 10 Pro:

  1. Pastikan PC Anda terhubung dengan internet.
  2. Buka menu Start, dan klik Settings (ikon roda gigi).
  3. Pilih Update & Security, lalu pilih Activation.
  4. Klik Go to Store untuk membuka Microsoft Store, dan pastikan Anda masuk ke akun Microsoft yang terdaftar. Jika Anda belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu.
  5. Cari Windows 10 Pro di Microsoft Store, lalu klik Buy atau Upgrade untuk membeli lisensi Windows 10 Pro.
  6. Setelah pembayaran selesai, kembali ke menu Activation di Settings.
  7. Klik Change product key dan masukkan product key yang Anda dapatkan melalui email konfirmasi.
  8. Setelah masukkan key, Windows 10 Pro akan segera diaktivasi.

Jangan lupa, pastikan Anda memenuhi persyaratan yang diperlukan sebelum melakukan aktivasi, seperti memiliki koneksi internet stabil dan membeli lisensi Windows 10 Pro yang sah.

Baca juga: Cara Ganti Nama User Windows 10 dengan Mudah

Masalah Umum saat Aktivasi Windows 10 Pro

Saat melakukan aktivasi Windows 10 Pro, Anda mungkin mengalami beberapa masalah yang umum terjadi. Berikut adalah beberapa masalah yang sering muncul:

  • Kode aktivasi tidak valid: Kadang-kadang, kode aktivasi yang Anda gunakan mungkin tidak valid. Pastikan Anda menggunakan kode yang sah dan memastikan bahwa kode tersebut belum digunakan sebelumnya.
  • Tidak dapat terhubung ke server: Dalam beberapa kasus, mungkin sulit untuk terhubung ke server aktivasi. Pastikan komputer Anda terhubung ke internet dan jaringan bekerja dengan benar.
  • Aktivasi terkunci: Jika Anda mencoba mengaktivasi Windows 10 Pro terlalu banyak kali, aktivasi bisa terkunci. Untuk mengatasi masalah ini, hubungi dukungan Microsoft untuk membuka kunci aktivasi.

Jika Anda mengalami masalah lain selama aktivasi, periksa pesan kesalahan yang muncul dan cari solusinya di situs Microsoft atau hubungi dukungan untuk bantuan lebih lanjut.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Pro

Selain fitur tambahan yang sudah dijelaskan, penggunaan Windows 10 Pro memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak bisa ditemukan pada versi Home.

Berikut adalah beberapa keuntungan Windows 10 Pro:

  • Remote Desktop: Dengan fitur ini, Anda dapat mengakses komputer Anda dari jarak jauh dan mengendalikannya seperti di depan layar.
  • BitLocker: Memiliki fitur ini memungkinkan Anda untuk mengenkripsi seluruh file dan folder pada komputer Anda untuk keamanan yang lebih baik.
  • Group Policy Management: Windows 10 Pro memungkinkan administrator untuk mengatur pengaturan kebijakan grup dengan lebih mudah melalui fitur ini.
  • Windows Update for Business: Anda dapat mengatur pengaturan pembaruan Windows untuk memastikan bahwa pembaruan tidak mengganggu pekerjaan Anda.

Dengan semua fitur dan keuntungan yang ditawarkan, penggunaan Windows 10 Pro adalah pilihan yang tepat untuk bisnis dan profesional di Indonesia.

Penutup

Seperti itulah langkah-langkah bagaimana cara aktivasi Windows 10 pro dengan menggunakan lisensi resmi dari pengembang yaitu Microsoft.

Penting untuk memahami apa itu Windows 10 Pro dan memenuhi persyaratan apa saja yang diperlukan sebelum melakukan aktivasi.

Jika Anda mengalami masalah saat aktivasi Windows 10 Pro, jangan khawatir, kami telah memberikan solusi untuk beberapa masalah umum yang sering terjadi.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *