Aplikasi

Cara Mengirim Broadcast WhatsApp ke Semua Kontak

Broadcast WhatsApp telah menjadi fitur yang sangat wajib digunakan terkhususnya bagi Anda yang merupakan seorang pekerja dan tidak sempat untuk mengirim pesan secara satu persatu.

Di zaman yang sudah sangat modern ini, WhatsApp telah menjadi aplikasi yang sangat banyak digunakan untuk melakukan kegiatan harian. Dimulai dari sekedar chattingan, sampai dengan mengirim dokumen seperti video atau foto.

Fitur yang ada di WhatsApp sendiri amat sangat beragam. Salah satu dari fitur tersebut adalah broadcast atau yang sering disebut dengan pesan siaran. Bagi beberapa orang, mengirim broadcast ke beberapa kontak memang sangat diperlukan.

Terutama bagi seseorang yang merupakan seorang pekerja dan tidak mempunyai waktu banyak untuk mengirim pesan ke kontak secara satu persatu, maka dengan melakukan broadcast bisa menjadi solusinya.

Penasaran tentang bagaimana cara mengirim broadcast di WhatsApp? Berikut akan mimin bahas pada artikel ini.

Cara Mengirim Broadcast di WhatsApp

Broadcast WhatsApp sendiri berfungsi untuk mengirim pesan ke banyak kontak tanpa perlu mengirim pesan tersebut secara satu persatu.

Untuk kontak yang akan dikirimi pesan broadcast tersebut bisa kita atur jumlahnya dengan maksimak jumlah kontak yaitu sebanyak 256 kontak.

Broadcast WhatsApp ini tentu saja cocok digunakan untuk berbagai hal. Kalau mimin pribadi lebih suka menggunakan fitur broadcast ini untuk mengirim pesan ke teman-teman.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara mengirim broadcast di WhatsApp, berikut caranya:

1. Buka Aplikasi WhatsApp (WA)

Broadcast WhatsApp

Pertama-tama silahkan buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp. Namun sebelum itu, sebaiknya gunakan versi aplikasi WhatsApp terbaru untuk menghindari adanya kesalahan atau error selama mengirimkan broadcast.

2. Buka Menu Broadcast

Broadcast WhatsApp

Setelah aplikasi WhatsApp terbuka, silahkan tekan icon dengan titik tiga yang ada di pojok atas kanan layar dari beranda aplikasi WhatsApp.

Kemudian akan muncul beberapa menu lain, silahkan tekan menu Siaran baru untuk mulai menjalankan broadcast WhatsApp.

3. Memilih Kontak

Broadcast WhatsApp

Selanjutnya akan muncul halaman kontak yang dimana kita akan diperlihatkan semua kontak yang tersimpan di aplikasi WhatsApp kita.

Silahkan scroll kebawah atau bisa juga menggunakan kolom pencarian untuk memilih kontak mana saja yang ingin dikirimi pesan broadcast.

Jika sudah, silahkan tekan combol centang warna hijau yang ada di kanan bawah.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

4. Tulis Pesan Broadcast

Broadcast WhatsApp

Setelah itu akan muncul pesan chat, yang dimana kita bisa mengisi pesan apa yang ingin kita kirim sesuai dengan beberapa kontak yang telah kita pilih sebelumnya.

Apabila Anda telah selesai mengisi pesan tersebut, silahkan tekan icon send untuk mengirim pesan tersebut ke kontak yang telah dipilih tadi.

5. Periksa Hasilnya

Broadcast WhatsApp

Setelah semua langkah-langkah diatas telah Anda ikuti, sekarang Anda bisa mengecek hasil dari pesan broadcast tersebut sesuai dengan gambar yang telah dicantumkan diatas.

Apabila pesan yang tadi kita kirim telah dibaca oleh orang, maka tanda centang dari pesan tersebut akan berubah menjadi centang 2, namun tidak berwarna biru.

Catatan:

  • Apabila jumlah kontak di WhatsApp Anda dibawah dari 256 kontak, Anda bisa langsung mengirim pesan kesemua kontak WhatsApp tersebut.
  • Jika pesan yang Anda kirim tidak berhasil terkirim, maka silahkan ikuti kembali langkah-langkah diatas dan pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil.
  • Pesan yang dapat dikirim tidak hanya berupa teks saja, namun Anda juga bisa mengirim pesan seperti video, gambar, dan dokumen.

Apakah Bisa Mengirim Broadcast Melalui WhatsApp Web?

Bagi Anda yang menggunakan WhatsApp Web, sayangnya hal tersebut tidak dapat dilakukan dan sama halnya juga dengan versi aplikasi WhatsApp yang ada di Windows.

Hal tersebut dikarenakan untuk menggunakan fitur broadcast, kita harus memilih kontak yang tersimpan di HP yang ingin dikirimi broadcast. Dimana di WhatsApp Web dan WhatsApp Windows tidak ada opsi kontak.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada juga cara lain untuk melakukannya sebagai berikut:

  1. Anda bisa menginstal emulator Android di perangkat PC atau laptop dengan menggunakan emulator stabil seperti Bluestack, NOX, LD Player, dan lain sebagainya.
  2. Pada emulator tersebut, silahkan instal aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.
  3. Selanjutnya kirim data kontak dari HP ke emulator tersebut dan pastikan kalau kontak bisa terbaca di emulator.

Anda bisa mengulangi langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas dan mimin jamin broadcast WhatsApp sudah bisa digunakan di PC atau laptop dengan menggunakan bantuan emulator Android.

Cara Broadcast WhatsApp di iPhone

Untuk cara broadcast WhatsApp di iPhone sendiri, kurang lebih sama saja dengan menggunakan Android seperti yang telah dijelaskan diatas.

Hanya saja mungkin akan ada sedikit perbedaan diantara tata letak menu-menu antara WhatsApp versi Android dan WhatsApp versi iPhone.

Anda hanya perlu mengikuti tutorial yang ada di WhatsApp iPhone tersebut, termasuk memilih beberapa kontak dan membroadcast pesan yang sudah dibuat sebelumnya.

Penutup

kurang lebih seperti itulah pembasahan singkat mengenai cara mengirim broadcast WhatsApp ke semua kontak yang ada di aplikasi WhatsApp.

Fitur broadcast sendiri bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mengirim pesan pesan penting ke banyak orang tanpa perlu repot-repot kirim satu persatu sampai dengan mengirim undangan acara ke kontak penting.

Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai langkah-langkah diatas, silahkan untuk menggunakan kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *