Aplikasi

Begini Cara Membuat Server Discord yang Benar

Cara membuat server Discord sangat mudah untuk dilakukan terutama bagi bagi kalian yang hobi bermain game dan ingin menggunakan fitur voice chat.

Discord merupakan suatu platform yang sangat popoler dikalangan gamers dan digunakan sebagai media voice chat atau berkomunikasi pada saat bermain game.

Discord telah menjadi platform yang sangat populer untuk berkomunikasi dan kolaborasi dalam berbagai orang atau group, mulai dari komunitas game sampai dengan group untuk pekerjaan.

Server Discord sendiri yaitu suatu server atau bisa dibilang group yang dimana server tersebut hanya berisikan anggota atau komunitas yang diundang melalui link tautan.

Di server Discord kalian dapat melakukan berbagai macam hal menarik, seperti chatting dengan menggunakan kolom chat atau menggunakan voice chat untuk mengobrol bersama teman.

Discord juga telah mendukung berbagai platform seperti Windows dan untuk smartphone telah kompitabel dengan Android dan IOS.

Apa itu Discord

Discord adalah suatu platform populer yang dikhususkan untuk gamer ataupun komunitas lainnya dalam melakukan voice chat atau komunasi dalam satu server.

Secara lebih spesifik, Discord merupakan aplikasi komunikasi yang menyediakan fitur-fitur komunikasi kepada pengguna, seperti voice chat, chatting, mengirim gambar dan lain sebagainya.

Discord digunakan untuk berbagai tujuan, seperti bermain game bersama, berdiskusi mengenai suatu topik tertentu, membahas pekerjaan, dan banyak lagi.

Discord sendiri mempunyai satu fitur khusus yang disebut sebagai Server Discord, fitur ini memungkinkan para pengguna untuk dapat berkomunasi dalam ruang lingkup atau komunitas yang sama.

Selain itu server Discord tersebut hanya dapat diakses apabila pengguna lain menerima link tautan atau undangan yang dibagikan kepada pengguna lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kinemaster Gagal Export Video

Cara Membuat Server Discord

Aplikasi Discord ini sangat sering digunakan untuk melakukan obrolan bersama dengan teman-teman sambil bermain game online yang membutuhkan komunikasi.

Platform ini menawarkan fitur-fitur seperti channel teks dan suara, hak untuk mengatur role anggota, bot otomatis, dan berbagai fitur lainnya yang membuat komunikasi dan interaksi dalam server menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk membuat server Discord tidak diperlukan syarat tertentu. Kalian hanya perlu untuk memiliki akun Discord, oleh sebab itu, sebelum membuat server Discord pastikan kalau kalian telah mempunyai akun Discord.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk membuat server Discord:

Langkah 1: Sebelum memulai membuat server Discord, pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Discord telah terinstall pada perangkat kalian. Apabila belum terinstall kalian dapat menginstall melalui situs resmi Discord.

Cara Membuat Server Discord

Langkah 2: Setelah aplikasi Discord terinstall, selanjutnya silahkan login menggunakan akun kalian. Apabila belum mempunyai akun silahkan klik Register untuk membuat akun baru.

Berikutnya akan muncul jendela baru dimana kalian harus mendaftar dan mengisi informasi akun Discord yang akan kalian gunakan nantinya. setelah itu klik Continue.

Cara Membuat Server Discord

Langkah 3: Setelah akun Discord berhasil dibuat, jangan lupa untuk mengkonfirmasi email pendaftaran akun discord kalian. Setelah itu masuk kembali ke dalam aplikasi Discord.

Didalam menu aplikasi Discord, silahkan klik logo tanda + yang terletak di pojok kiri atas untuk membuat server sebuah server baru Discord.

Selanjutnya akan muncul jendela baru dimana kalian diberikan beberapa pilihan server yang bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan.

Server tersebut meliputi, server default dan beberapa server yang sudah dilengkapi dengan template seperti server gaming, server untuk club sekolah, dan server untuk group belajar.

Apabila kalian ingin menggunakan template default silahkan klik Create My Own dan jika kalian ingin menggunakan template silahkan pilih Gaming, School Club, dan Study Club sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya klik Join a Server.

Cara Membuat Server Discord

Langkah 4: Setelah itu akan muncul jendela baru lagi dimana kalian akan diberikan 2 pilihan, kalian bisa memilih For me and my friends apabila kalian hanya menggunakan server dalam lingkungan kecil.

Jika kalian menggunakan server Discord dalam ruang lingkup yang jauh lebih besar, sebaiknya pilih For a club or community. Selanjutnya silahkan masukkan nama server beserta gambar untuk profil server.

Cara Membuat Server Discord

Langkah 5: Selamat server Discord kalian telah berhasil dibuat, Kalian telah bisa menggunakan fitur-fitur seperti Text Channel dan Voice Channel ke dalam server Discord kalian.

Selain itu kalian juga dapat menambahkan admin, member baru, ataupun moderator ke dalam server Discord yang baru saja kalian buat.

Kalian juga bisa mengatur rules dan pesan selamat datang apabila ada member yang baru saja join atau begabung ke dalam server Discord kalian.

Apabila kalian ingin menggunakan fitur invite link agar server Discord kalian dapat dibagikan ke teman-teman ataupun komunitas, silahkan klik Invite your friends lalu salin link tautan yang muncul.

Jangan lupa untuk mencentang Set this link to never expire, agar tautan kalian telah bagikan tidak akan kadaluarsa atau expire.

Cara Membuat Server Discord

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah cara membuat server Discord yang bisa kalian ikuti. Bagaimana? caranya cukup mudah bukan? Sekarang kalian sudah bisa menikmati fitur voice chat pada server kalian.

Membuat server Discord adalah cara yang sangat efektif untuk bisa menghubungkan orang-orang yang mempunyai minat yang sama dengan kita.

Pada tahapan selanjutnya, kalian bisa melakukan kostomisasi server Discord, seperti menambahkan role atau menambahkan ruang chat baru.

Langkah-langkah diatas diatas mimin buat dengan menggunakan Discord desktop. Jika kalian membuat server Discord dengan menggunakan HP, caranya kurang lebih hampir sama dengan desktop.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *