Internet

Begini Cara Install Wordpress di Xampp Secara Lengkap

Cara install WordPress di Xampp localhost sangat mudah untuk dilakukan, khususnya bagi para pemula yang baru ingin belajar WordPress sebelum nantinya di host ke web hosting.

Xampp sendiri merupakan media hosting lokal atau localhost yang bisa kita gunakan secara offline tanpa memerlukan akses koneksi internet seperti menginstall WordPress ataupun melakukan development.

Xampp telah menjadi platform open source yang sangat populer di kalangan para developer dan sangat cocok digunakan untuk melakukan development pengembangan aplikasi atau web development.

Mungkin selama ini kalian cukup familiar menginstal WordPress dengan menggunakan public hosting. Tapi tahukah kalian kalau kita juga bisa menginstal WordPress dengan menggunakan localhost yaitu melalui Xampp.

Cara install WordPress di Xampp sendiri tidak cukup sulit dilakukan, kalian hanya perlu menyiapkan toolsnya lalu menyiapkan databasenya. Silahkan disimak cara install Wordpress di Xampp berikut.

Apa itu Xampp

Xampp adalah software berbasis open source yang berisi berbagai program dan mendukung sistem operasi seperti Windows, Linux, dan MacOS. Fungsi dari Xampp yaitu sebagai lokal server atau localhost yang mencakup MySQL, Apache, dan PHP.

Penggunan dari Xampp terbilang sangat efisian dan hemat biaya, sebab Xampp sendiri telah bisa menggantikan peran web hosting dan menyimpan file-file ke dalam penyimpanan lokal agar dapat di akses melalui browser.

Xampp juga disebut-sebut sebagai server independen sehingga dapat memudahkan para pengguna dalam melakukan pengembangan web, pengembangan aplikasi, dan desain tanpa perlu menggunakan web hosting.

Cara Install Wordpress di Xampp

Seperti yang sudah diketahui Xampp berfungsi untuk membuat suatu server host atau local host di perangkat yang kita gunakan seperti PC/Laptop tanpa perlu menggunakan web hosting.

Sebelum melakukan cara install WordPress di Xampp, sebaiknya siapkan terlebih dahulu tools Xampp dan file WordPress yang akan kita gunakan di localhost.

Berikut ini langkah-langkah cara install WordPress di Xampp:

Langkah 1: Sebelum memulai install WordPress di Xampp, pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Xampp telah terinstall di perangkat kalian.

Apabila Xampp belum terinstall sebelumnya, silahkan kunjungi ke situs resmi Xampp lalu install Xampp di perangkat kalian gunakan.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 2: Setelah Xampp sudah terinstall, yang harus kita lakukan selanjutnya yaitu mengambil terlebih dahulu file WordPress dari situs resminya.

Caranya sangat mudah yaitu silahkan pergi ke situs resmi WordPress https://wordpress.org/ lalu klik Get WordPress kemudian simpan file WordPress.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 3: Setelah file WordPress telah tersimpan di perangkat kalian, silahkan copy file WordPress yang berbentuk Zip lalu pastekan ke tempat penginstalan Xampp. Secara default penyimpanan Xampp akan tersimpan di Local Disk C.

Disini penyimpanan Xampp mimin tersimpan di Local Disk C, jadi silahkan masuk ke Local Disk C lalu klik Xampp setelah itu klik lagi pada htdocs.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 4: Didalam folder htdocs kalian akan melihat beberapa folder-folder lain, namun pada pembahasan ini kita akan install WordPress di Xampp, Jadi silahkan buat folder baru sesuai keinginan kalian.

Disini mimin membuat folder dengan nama folder WordPress kemudian pastekan file WordPress ke dalam folder tersebut lalu ekstrak.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 5: Setelah file-file WordPress telah diekstrak dan tersimpan ke dalam penyimpanan Xampp, selanjutnya silahkan buka aplikasi Xampp yang telah kalian install sebelumnya.

Diaplikasi Xampp ini kalian akan menemukan beberapa modul-modul yang bisa kalian pakai untuk digunakan sebagai keperluan lain.

Tetapi disini kita hanya ingin intall WordPress di Xampp, jadi silahkan klik Start pada modul Apache dan MySQL tersebut.

Apabila pada saat mencajalankan Apache muncul pesan Attemting to start Apache Xampp, silahkan buka config Apache lalu pada httpd.conf silahkan ubah port 80 menjadi 8080 dan pada httpd-ssl.conf silahkan ubah port 443 menjadi 4343.

Cara Install Wordpress di Xampp

Baca juga: Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Buat Database WordPress

Setelah selesai setting Xampp selanjunya yaitu membuat datase untuk WordPress. Tujuan database sendiri yaitu sebagai penyimpanan untuk file-file yang nantinya dibutuhkan oleh WordPress kalian.

Berikut ini cara membuat database WordPress di Xampp:

Apabila semuanya sudah berjalan dengan normal, selanjutnya yaitu membuat database untuk WordPress yang akan kita gunakan untuk menyimpan file-file kita.

Silahkan akses localhost/phpmyadmin atau jika kalian sudah mengubah port ke 8080 bisa juga diakses menggunakan localhost:8080/phpmyadmin lalu klik pada database kemudian isikan nama database lalu klik Create.

Cara Install Wordpress di Xampp

Membuat Config WordPress

Setelah database berhasil dibuat, selanjutnya yaitu mengatur konfigurasi untuk WordPress seperti mengatur database name, username, dan password yang akan kita gunakan nanti.

Berikut ini langkah-langkah membuat konfigurasi WordPress di Xampp:

Langkah 1: File konfigurasi untuk WordPress sendiri ada di folder WordPress yang sebelumnya telah kita buat. di dalam folder tersebut ada file yang bernama wp-config-sample.php, silahkan ubah file tersebut menjadi wp-config.php.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 2: Setelah nama config telah selesai diubah, selanjutnya klik kanan pada config dan buka config menggunakan notepad atau aplikasi yang bisa mengedit teks.

Kemudian pada tulisan DB_NAME silahkan isikan dengan nama data base yang telah kalian buat sebelumnya dan pada DB_USER silahkan isi dengan root lalu DB_PASSWORD dikosongkan dan save.

Cara Install Wordpress di Xampp

Jalankan Penginstalan WordPress

Setelah semuanya telah selesai mulai dari pembuatan database dan pembuatan config, saatnya untuk install WordPress di Xampp kalian.

Pada tahap ini kita hanya perlu memasukkan database dari config yang telah kita buat. Berikut ini cara-caranya:

Langkah 1: Silahkan buka browser lalu pada address bar ketikkan http://localhost/wordpress/ atau jika kalian menggunakan port 8080 ketikkan http://localhost:8080/wordpress/.

Selanjutnya akan muncul jendela penginstalan WordPress, silahkan masukkan bahasa yang ingin kalian gunakan lalu klik Lanjutkan.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 2: Selanjutnya akan muncul jendela baru dimana kalian diminta untuk mengisi judul situs, username, email, dan password pada WordPress kalian. Silah diisi sesuai keinginan kalian. Apabila telah selesai silahkan klik Instal WordPress.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 3: Berikutnya akan muncul jendela baru lagi, silahkan klik Log Masuk dan masukkan username dan password yang telah kalian buat sebelumnya lalu klik Log Masuk.

Cara Install Wordpress di Xampp

Langkah 4: Selamat WordPress kalian telah berhasil terinstal di Xampp, kalian bisa memulai untuk membuat tulisan ataupun memulai project development kalian.

Cara Install Wordpress di Xampp

Penutup

Perlu untuk diingat apabila kalian ingin meginstall suatu plugin atau tema langsung dari WordPress, kalian harus membutuhkan koneksi internet untuk melakukan hal tersebut.

Atau jika kalian sudah mempunyai tema dan plugin yang tersimpan di perangkat kalian, kalian juga bisa memasukkan nya melalui folder wp-content di Xampp.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *