Matematika

Bagian Bagian Lingkaran: Pengertian, Gambar & Nama

Bagian bagian lingkaran – Pembahasan materi kali ini akan membahas mengenai bagian bagian lingkaran secara detail disertai juga dengan gambar dan namanya.

Berikut ini pembahasan mengenai bagian bagian lingkaran dibawah ini.

Pengertian Bagian Lingkaran

Bangun datar lingkaran adalah bangun datar yang terbentuk oleh semua titik pada sebuah bidang yang memiliki jarak yang sama dari titik tertentu yang disebut pusat.

Garis yang membentuk lingkaran disebut lingkaran, sedangkan jarak dari pusat ke tepi lingkaran disebut jari-jari (r). Panjang garis ini juga merupakan panjang sisi dari lingkaran.

Lingkaran adalah salah satu bentuk dasar dalam geometri yang memiliki banyak aplikasi dalam matematika dan ilmu lainnya.

Beberapa konsep penting terkait dengan lingkaran meliputi keliling lingkaran, luas lingkaran, busur lingkaran, dan sebagainya.

Bagian Bagian Lingkaran

Bagian Bagian Lingkaran
Gambar Bagian Bagian Lingkaran

Pengertian dan ciri ciri lingkaran telah dibahas dengan detail, berikutnya mimin akan menjelaskan lebih lengkap mengenai bagian bagian lingkaran.

Berikut ini adalah bagian bagian lingkaran dan penjelasannya:

Sudut Keliling Lingkaran

Sudut keliling linkaran adalah ukuran rotasi antara dua garis yang bertemu di suatu titik, sementara keliling lingkaran adalah panjang garis melingkar yang mengelilingi lingkaran.

Titik Pusat Lingkaran

Titik pusat lingkaran adalah titik di tengah lingkaran yang memiliki jarak yang sama dari semua titik pada lingkaran itu sendiri.

Titik ini juga merupakan pusat simetri dari lingkaran, yang berarti bahwa setiap garis lurus yang melewati pusat lingkaran akan membagi lingkaran menjadi dua bagian yang sama.

Sudut Pusat Lingkaran

Sudut pusat lingkaran adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang beranjak dari titik pusat lingkaran dan menyilang di atas lingkaran.

Sudut ini diukur dalam derajat atau radian, tergantung pada preferensi pengukuran. Sudut pusat memiliki sifat yang penting dalam geometri lingkaran, terutama terkait dengan busur lingkaran.

Jari Jari Lingkaran

Jari-jari lingkaran adalah jarak dari titik pusat lingkaran ke tepi (perimeter) lingkaran itu sendiri. Dalam notasi matematika, jari-jari sering dilambangkan dengan simbol “r”.

Untuk lingkaran dengan jari-jari “r”, setiap titik pada lingkaran tersebut berjarak “r” dari titik pusatnya.

Apotema Lingkaran

Apotema lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke salah satu sisi segi banyak (biasanya beraturan) yang bersinggungan dengan lingkaran.

Ini berlaku khusus untuk poligon yang inskribed atau bersentuhan dengan lingkaran, yang berarti semua sudutnya menyentuh lingkaran.

Diameter Lingkaran

Diameter lingkaran adalah garis lurus yang melintasi lingkaran dan melewati pusatnya. Diameter adalah jarak terpanjang yang bisa ditarik di dalam lingkaran.

Dalam notasi matematika, diameter sering dilambangkan dengan huruf “d” atau bisa juga dengan “D”.

Juring Lingkaran

Juring lingkaran adalah bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan busur lingkaran di antara kedua jari-jari tersebut.

Dengan kata lain, juring adalah bagian dari lingkaran antara dua garis lurus yang ditarik dari titik pusat lingkaran ke dua titik pada tepi lingkaran, dan busur lingkaran yang berada di antara dua garis lurus tersebut.

Busur Lingkaran

Busur lingkaran adalah bagian dari tepi lingkaran yang dibatasi oleh dua titik pada lingkaran tersebut. Dalam konteks geometri, busur lingkaran adalah sebagian dari lingkaran yang merupakan kurva berbentuk busur di antara dua titik pada tepi lingkaran.

Tembereng Lingkaran

Tembereng lingkaran adalah bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan busur lingkaran di antara kedua jari-jari tersebut.

Dengan kata lain, tembereng adalah segmen lingkaran antara dua jari-jari yang membentuk sudut di pusat lingkaran dan busur lingkaran yang terletak di antara kedua jari-jari tersebut.

Tali Busur Lingkaran

Tali busur lingkaran adalah istilah yang merujuk pada segmen garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran, membentuk sebuah busur lingkaran.

Sifat Sifat Lingkaran

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri lingkaran:

  • Terbentuk dari kurva
  • Memiliki satu titik pusat
  • Memiliki diameter
  • Memiliki busur
  • Memiliki tali busur
  • Memiliki sudut pusat
  • Memiliki sudut keliling
  • Memiliki keliling
  • Memiliki luas

Akhir kata

Bagian bagian lingkaran dilengkapi dengan penjelasan dan ciri ciri lingkaran telah dibahas secara lengkap diatas. Semoga apa yang dibahas kali ini dapat beguna dan bermanfaat untuk pembaca.

Apabila ada pesan atau pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan untuk mengirim komentar. Semoga bermanfaat.

Abdul Tora

Tora suka menulis tentang segala hal tentang pendidikan dan berharap dapat menambah makna pada apa yang dibaca orang. Dia adalah seorang expert dalam bidang Matematika dan Bahasa Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *