Matematika

Apotema Lingkaran Adalah: Pengertian, Gambar, dan Rumus

Apotema lingkaran adalah – Pembahasan kali ini akan membahas mengenai apotema lingkaran dilengkapi juga dengan gambar beserta rumusnya.

Berikut ini adalah pembahasan materi garis apotema lingkaran.

Apa itu Apotema Lingkaran ?

Apotema lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke salah satu sisi segi banyak yang terdapat di dalam lingkaran tersebut.

Konsep ini sangat penting dalam geometri terutama ketika kita berurusan dengan segi banyak yang tergambar di dalam lingkaran, seperti heksagon atau oktagon.

Apotema lingkaran menjadi kunci dalam menghitung luas segi banyak tersebut, karena digunakan dalam rumus untuk mencari luasnya.

Selain itu, pemahaman tentang apotema lingkaran juga berguna dalam konstruksi bangunan, terutama dalam merancang struktur dengan bentuk yang kompleks seperti kubah, piramida, dan struktur lainnya.

Dalam matematika terapan, konsep ini juga diterapkan dalam berbagai bidang seperti trigonometri, geometri analitis, dan kalkulus.

Gambar Apotema Lingkaran

Pengertian mengenai apotema lingkaran adalah telah dibahas secara lengkap diatas. Agar lebih memahami materi kali ini, selanjutnya akan diberikan contoh gambar apotema lingkaran.

Berikut ini adalah contoh apotema lingkaran:

Apotema Lingkaran Adalah
Gambar Apotema Lingkaran

Rumus Apotema Lingkaran

Pembahasan tentang apa itu apotema lingkaran dan contoh gambar apotema lingkaran telah diberikan diatas. Agar dapat mencari panjang garis maka dibutuhkan sebuah rumus.

Berikut ini adalah rumus apotema lingkaran:

a = s/2

Dimana:

a = apotema lingkaran

s = sisi miring segitiga siku-siku yang dibentuk oleh jari-jari lingkaran dan apotema

Atau bisa juga menggunakan rumus apotema lingkaran alternatif yaitu:

a = √(r² – t²)

dimana:

a = adalah apotema lingkaran

r = adalah jari-jari lingkaran

t = adalah tinggi segitiga (jarak dari pusat lingkaran ke busur)

Akhir Kata

Jadi kurang lebih begitulah pembahasan mengenai apotema lingkaran adalah yang mencakup pengertian, rumus, dan contoh gambar.

Semoga apa yang telah dibahas melalui materi tentang apotema lingkaran kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk para pembaca.

Apabila ada pertanyaan atau pesan yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan dibawah untuk mengirim komentar. Semoga bermanfaat.

Abdul Tora

Tora suka menulis tentang segala hal tentang pendidikan dan berharap dapat menambah makna pada apa yang dibaca orang. Dia adalah seorang expert dalam bidang Matematika dan Bahasa Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *