Aplikasi

Mengenal Apa itu Canva Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Apa itu canva? Mungkin masih ada orang yang belum mengetahui platform desain yang sangat populer digunakan orang dalam melakukan suatu desain.

Pada zaman sekarang ini kita lebih mudah membuat subuah desain bisa kita lakukan dengan sangat mudah, yaitu dengan menggunakan bantuan dari aplikasi. Salah satu aplikasi tersebut yaitu Canva.

Pada aplikasi Canva tersebut, nantinya Anda bisa membuat bermacam-macan desain yang menarik, serta juga telah dilengkapi oleh fitur-fitur yang dapat membantu Anda dalam membuat sebuah desain.

Bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang canva, silahkan simak pembahasan yang akan dibahas oleh Tafsiran Media di artikel ini sampai selesai.

Apa itu Canva

Apa itu Canva

Canva adalah platform desain grafis yang populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi visual, termasuk desain grafis, poster, brosur, presentasi, media sosial, dan banyak lagi.

Canva dirancang untuk memudahkan orang yang tidak memiliki latar belakang desain grafis atau keterampilan teknis yang mendalam dalam pembuatan desain untuk menghasilkan konten visual yang menarik dan profesional.

Dengan Canva, Anda dapat menggunakan berbagai template yang sudah ada, elemen desain, font, dan gambar untuk membuat desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Platform ini juga menawarkan berbagai alat dan fitur untuk mengedit, menyesuaikan, dan menggabungkan elemen-elemen ini sehingga Anda dapat menciptakan desain yang unik dan menarik.

Canva memiliki versi gratis dan berlangganan yang lebih canggih dengan fitur tambahan. Ini telah menjadi alat yang sangat berguna bagi individu, bisnis kecil, dan organisasi besar.

Tentu saja dengan menggunakan Canva kita bisa lebih mudah dalam mengelola tugas desain grafis mereka tanpa harus memiliki keterampilan desain grafis yang tinggi.

Sejarah Canva

Apa itu Canva

Canva dimulai pada tahun 2012 ketika Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams mendirikan perusahaan ini di Sydney, Australia.

Awalnya, mereka memiliki fokus pada pembuatan platform bernama Fusion Books yang memungkinkan siswa sekolah untuk mendesain buku tahunan mereka sendiri secara online.

Meskipun awalnya mereka menghadapi beberapa kesulitan dalam mencari investor dan pendanaan, mereka berhasil memperoleh dana tambahan untuk mengembangkan platform mereka.

Pada tahun 2013, mereka mengubah fokus perusahaan mereka dan meluncurkan Canva, platform desain grafis online yang lebih umum dan bersifat serbaguna.

Visi Canva adalah untuk membuat desain grafis menjadi lebih mudah diakses oleh semua orang, bahkan mereka yang tidak memiliki latar belakang desain grafis.

Canva dengan cepat mendapatkan popularitas, terutama karena kemudahan penggunaannya dan pilihan template yang beragam.

Seiring berjalannya waktu, Canva juga menambahkan berbagai fitur dan alat baru, termasuk kolaborasi tim, pengeditan video, dan integrasi dengan platform media sosial.

Hingga saat ini, Canva telah menjadi salah satu platform desain grafis online terpopuler di dunia, digunakan oleh jutaan orang, bisnis kecil, dan organisasi besar untuk membuat berbagai jenis materi visual.

Fungsi Canva

Apa itu Canva

Canva adalah alat yang sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari keperluan pribadi hingga kebutuhan bisnis.

Fungsinya yang intuitif dan beragam menjadikannya sebagai pilihan yang populer banyak orang untuk kebutuhan desain grafis dan visual.

Canva memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna dalam dunia desain grafis dan visual. Berikut adalah beberapa fungsi Canva:

1. Membuat Desain Grafis

Canva memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis desain grafis, seperti poster, brosur, spanduk, kartu ucapan, undangan, dan banyak lagi.

Pengguna dapat memilih dari ratusan sampai ribuan template yang sudah ada atau mulai dari awal dengan kanvas kosong.

2. Desain Media Sosial

Canva dirancang khusus untuk membantu pengguna membuat konten media sosial yang menarik. Anda dapat membuat gambar berukuran sesuai untuk platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Canva juga menyediakan template khusus untuk postingan yang akan digunakan di media sosial, instagram stories, sampai dengan sampul Facebook.

3. Mengedit Foto

Canva telah memperkenalkan fitur pengeditan video yang memungkinkan pengguna membuat video yang menarik dengan mudah. Anda dapat menambahkan teks, musik, efek transisi, dan gambar ke video yang ingin Anda buat.

4. Membuat Presentasi

Canva menyediakan template presentasi yang memungkinkan pengguna membuat slide presentasi yang profesional dan menarik. Anda dapat mengimpor teks, gambar, grafik, dan ikon untuk menghiasi template presentasi Anda.

5. Integrasi dengan Platform Lain

Canva terintegrasi dengan berbagai platform dan alat lainnya seperti Dropbox, Google Drive, Instagram, dan lain-lain, yang dimana hal tersebut memudahkan penggunaan konten yang sudah ada dalam desain Anda untuk menyimpan secara online.

Kelebihan Canva

Apa itu Canva

Kelebihan Canva adalah banyak, terutama bagi mereka yang ingin membuat desain grafis dengan mudah dan cepat. Berikut ini beberapa kelebihan Canva:

1. User Friendly

Canva sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Antarmuka yang intuitif dan berbagai alat bantu membuatnya mudah untuk membuat desain tanpa perlu memiliki pengetahuan desain grafis yang mendalam.

Kemudahan penggunaan Canva menjadikannya alat yang sangat aksesibel, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman desain grafis sebelumnya.

2. Banyak Template Tersedia

Canva menyediakan ribuan template yang siap pakai untuk berbagai keperluan, mulai dari media sosial, poster, brosur, hingga undangan pernikahan. Ini membuat proses desain lebih cepat dan efisien.

Dengan berbagai template yang tersedia, Canva memudahkan siapa saja untuk membuat desain yang menarik dan profesional tanpa perlu memiliki keterampilan desain grafis yang tinggi.

3. Kolaborasi Secara Online

Canva memungkinkan Anda untuk berkolaborasi secara online dengan rekan-rekan atau anggota tim. Anda dapat mengundang mereka untuk bekerja pada proyek desain yang sama secara bersamaan.

Hal ini tentunya sangat berguna ketika Anda perlu mendapatkan masukan atau bekerja sama dalam tim yang tersebar geografis.

4. Penyimpanan Cloud

Setiap desain yang Anda buat di Canva secara otomatis disimpan di cloud. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan pekerjaan Anda jika perangkat Anda rusak atau hilang.

Anda dapat mengakses desain Anda dari mana saja, kapan saja, dengan berbagai perangkat dengan menggunakan penyimpanan Cloud yang ada di Canva.

5. Banyak Pilihan Font

Salah satu kelebihan yang menonjol dari Canva adalah tersedianya beragam jenis huruf atau font yang tersedia bagi penggunanya.

Pilihan font yang banyak dan beragam ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan teks dalam desain Anda sesuai dengan gaya, pesan, atau tujuan tertentu.

Fungsi Canva Untuk Bisnis

Dalam hal desain grafis untuk bisnis, Canva menawarkan berbagai manfaat dan kemudahan, seperti fitur-fitur yang dapat membantu dalam branding, pemasaran, dan promosi produk atau jasa Anda.

Dalam hal branding, Canva dapat membantu Anda membuat desain visual yang konsisten dengan citra merek Anda.

Anda dapat menggunakan logo, warna, dan jenis huruf khas merek Anda untuk membuat desain-desain yang terlihat profesional dan terorganisir.

Canva juga memiliki berbagai template desain yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, seperti desain brosur, spanduk, kartu nama, dan banyak lagi.

Dalam hal pemasaran dan promosi, Canva menawarkan banyak pilihan template desain yang dapat membantu Anda membuat desain iklan sosial media, spanduk promosi, dan materi pemasaran lainnya.

Akhir Kata

Jadi begitulah pembahasan artikel mengenai apa itu Canva, sejarah Canva, kelebihan Canva, fungsi Canva, sampai dengan fungsi untuk bisnis.

Canva dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, dari desain grafis untuk bisnis hingga kreativitas dan hobi pribadi. Dalam menggunakannya, Canva dapat membantu meningkatkan branding, pemasaran, dan promosi bisnis.

Selain itu, Canva juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan hobi, bahkan menjadi penghasilan tambahan.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *