Windows

5 Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

WiFi hilang di windows 11 secara tiba-tiba memanglah membuat kita sangat merasa kebingungan, apalagi pada saat kita akan menggunakan koneksi WiFi namun tiba-tiba saja WiFi hilang di Windows 11.

WiFi merupakan salah satu elemen yang sangat penting di Windows 11 yang perlu diperhatikan. Selain untuk koneksi jaringan, adanya masalah seperti WiFi hilang di Windows 11 pastinya membuat kita sangat kebingungan.

Secara normal, pada saat kita ingin menyambungkan jaringan WiFi di perangkat kita, kita hanya perlu mengaktifkan WiFi tersebut kemudian menyambungkannya.

Akan tetapi, ada satu kendala yang kadang dialami oleh pengguna Windows, yaitu WiFi hilang atau tidak terdeteksi di Windows.

Buat kalian yang sedang mengalami permasalahan ini, pasti akan merasa kebingungan bukan? Apa yang menyebabkan WiFi hilang di Windows 11? dan bagaimana solusinya? Akan mimin bahas sebagai berikut.

Penyebab WiFi Hilang di Windows 11

Salah satu permasalahan umum yang kerap kali dialami oleh pengguna Windows 11, yaitu hilangnya koneksi WiFi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan WiFi hilang di Windows 11 adalah sebagai berikut:

  • Driver WiFi tidak terupdate
  • Adanya masalah pada network adapter
  • System operasi yang corrupt
  • Icon WiFi menghilang dari taskbar
  • Network adapter nonaktif

Penyebab-penyebab tersebut merupakan faktor yang sering terjadi pada beberapa pengguna, namun tidak perlu khawatir karena kami akan membahas bagaimana cara untuk mengatasi permasalah tersebut.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi WiFi hilang di Windows 11, seperti melakukan troubleshooting dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasan lengkap mengatasi permasalahan tersebut:

1. Melakukan Troubleshooting

Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan troubleshooting untuk mencari akar dari permasalahan tersebut. Berikut ini cara-caranya.

Pertama: Silahkan buka Setting melalui kolom pencarian atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Win + I.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Kedua: Pada halaman settings, silahkan buka system yang ada paling atas kemudian scroll kebawah lalu pilih Troubleshoot setelah itu pilih Other troubleshooters.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Ketiga: Selanjutnya akan muncul jendela baru, dimana kalian bisa melalukan troubleshoot pada semua driver yang terinstall di perangkat kalian.

Namun disini kita ingin melakukan troubleshoot pada WiFi, jadi silahkan pilih Network & Internet kemudian klik Run yang ada pada sebelah kanan menu.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

2. Mengaktifkan WiFi Adapter

Cara ini terbilang sangat gampang dan cepat untuk dilakukan, kalian hanya perlu mengaktifkan WiFi adapter yang ada pada perangkat kalian. Berikut ini caranya.

Pertama: Silahkan buka Control Panel dengan mengetikkan melalui Windows search.

Kedua: Pada halaman control panel silahkan klik Network and Internet. Selanjutnya akan muncul jendela baru silahkan klik pada Network and Sharing Center.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Ketiga: Di halaman Network and Sharing Center, silahkan klik Change adapter settings yang ada di sebelah kiri menu. Kemudian muncul halaman baru dimana kalian bisa melihat adapter yang ada pada sistem kalian.

Adapter tersebut menunjukkan koneksi yang tersimpan pada perangkat kalian, seperti LAN, WiFi, dan lain sebagainya. Maka silahkan klik kanan pada adapter WiFi dan ubah status Disable menjadi Enable.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

3. Reset Network

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan yaitu dengan mereset koneksi internet pada perangkat kalian. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan pengaturan kedalam kedaan default. Berikut ini langkah-langkahnya.

Pertama: Buka menu Windows Settings kemudian pilih atau klik pada menu Network & Internet.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Kedua: Didalam menu Network & Internet, silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan Advance network settings. Setelah itu scroll lagi kebawah lalu klik Network reset kemudian klik Reset now.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

4. Periksa Windows Update

Windows yang tidak teruupdate dapat menjadi penyebab kenapa WiFi hilang di Windows 11, sebab apabila sistem operasi kalian tidak terupdate maka akan mengalami beberapa bug.

Update tersebut tak hanya bertujuan untuk menambah fitu-fitur baru, namun update juga dapat menghilangkan bug yang pada pada sistem sebelumnya. Untuk mengecek Windows update kalian bisa mengikuti cara berikut.

Pertama: Silahkan buka lagi Windows Setting lalu klik Windows Update yang ada dibagian paling bawah atau bisa juga dengan mengetikkan Windows Update di kolom pencarian Windows kalian.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Kedua: Pada halaman Windows Update silahkan klik Check for updates. Maka Secara otomatis system Windows akan mencarikan apabila ada update baru yang tersedia pada perangkat kalian.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

5. Update Driver Network Adapter

Selain dengan melakukan update Windows, kalian juga dapat mengatasi permasalahan tersebut hanya dengan melakukan update pada driver network adapter perangkat kalian. Berikut ini cara-cara bisa bisa kalian ikuti.

Pertama: Silahkan ketikkan Device Manager di kolom pencarian Windows kalian.

Kedua: Didalam halaman Device Manager silahkan pilih menu Network adapters lalu klik icon tanda panah yang ada di sebelah kiri menu tersebut.

Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Ketiga: Selanjutnya silahkan pilih sesuai dengan adapter yang kalian gunakan lalu klik kanan pada adapter tersebut kemudian pilih Update driver.

Berikutnya akan muncul jendela baru, silahkan klik pada Search automatically for drivers, agar sistem Windows dapat menentukan secara otomatis driver yang cocok untuk perangkat kalian.

 

Penutup

Jadi seperti itu cara-cara untuk mengatasi permasalah WiFi hilang di Windows 11. Sebaiknya sebelum mengambil tindakan, periksa terlebih dahulu kondisi dari adapter yang digunakan.

Tutorial diatas bisa di coba digunakan pada semua merk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, termasuk Windows 10 dan Windows 11.

Jika kalian telah mengikuti semua cara tersebut namun masih tetap sama, ada baiknya untuk memeriksa adapter WiFi di perangkat apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *