iOS

3 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Aman

Cara mengunci aplikasi di iPhone mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan perangkat buatan Apple yang satu ini.

Bagi kalian yang menginginkan privasi di perangkat iPhone kalian, maka mengunci aplikasi di iPhone ini bisa menjadi jawaban yang tepat.

Dengan mengunci aplikasi, kita bisa membatasi orang lain yang ingin mengakses aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat kita sesuai dengan aplikasi yang sudah kita atur.

Tidak hanya itu, mengunci aplikasi juga bisa menjadi keamanan ekstra pada iPhone kita, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tertinggal di suatu tempat ataupun hilang.

Maka dari itu, tidak ada seorang pun yang bisa mengakses aplikasi si pemilik iPhone. Namun bagaimana sih cara mengunci aplikasi di iPhone? Silahkan disimak beberapa metode yang sudah mimin rangkum dibawah ini.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Seiring majunya teknologi, iPhone telah menghadirkan fitu-fitur yang bisa membatasi pengguna dalam mengakses beberapa aplikasi tertentu.

Tentunya hal tersebut amat sangat berguna bagi kita yang sangat ingin melindungi data-data pribadi dan informasi yang ada pada perangkat iPhone kita.

Mengunci aplikasi di iPhone tentu saja dapat membantu kita untuk meningkatkan keamanan pada suatu informasi yang bersifat pribadi.

Selain itu, dengan mengunci aplikasi juga dapat mencegah kita untuk dapat mengakses aplikasi-aplikasi yang terpasang tersebut secara berlebihan.

Berikut ini beberapa cara mengunci aplikasi di iPhone:

1. Melalui Shortcuts

Mungkin beberapa dari orang-orang masih belum mengetahui fungsi dari Shortcuts di iPhone. Tapi tahukah kalian kalau Shortcuts juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone.

Sebelum menggunakan Shortcuts ini, pastikan terlebih dahulu kalau IOS yang digunakan sudah versi 16, sebab sepengetahuan mimin Shortcuts hanya tersedia di versi IOS tersebut.

Jika kalian tidak menemukan Shortcuts di perangkat kalian, silahkan instal melalui APP Store. Namun biasanya Shorcuts sudah terpasang secara default di dalam perangkat.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama silahkan buka aplikasi Shortcuts yang sudah terpasang di iPhone.

Langkah 2: Selanjutnya tekan tab Automation yang ada dibagian bawah menu, lalu tekan tombol + yang ada di sudut kanan atas kemudian tekan Create Personal Automation.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 3: Berikutnya silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan menu App, kemudian pilih aplikasi yang ingin di kunci.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 4: Setelah selesai memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin dikunci, Silahkan tekan Next di sudut kanan atas lalu tekan Add Actions.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 5: Selanjutnya, silahkan ketikkan Lock Screen didalam kolom pencarian kemudian didalam menu Lock Screen tekan Next.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 6: Setelah itu di dalam halaman New Automation, silahkan nonaktifkan Ask Before Running lalu tekan Done.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Selesai, sekarang aplikasi yang sudah kalian pilih sebelumnya, telah terkunci. Untuk mengetesnya, silahkan buka aplikasi yang tadi pilih, maka kita akan langsung diminta memasukkan Face ID untuk membuka aplikasi tersebut.

Jika nantinya kalian ingin menonaktifkan fitur Automation ini, silahkan nonaktifkan toogle Enable This Automation. Maka secara otomasi aplikasi yang sudah terkunci menjadi tidak terkunci kembali.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

2. Melalui Face ID

Apple telah merilis fitur yang sangat bermanfaat bagi keamanan iPhone yang diberi nama Face ID. Fitur Face ID ini sudah bisa dinikmati untuk penggunakan iPhone X ke atas.

Cara kerja dari Face ID ini kurang lebih mirip dengan Touch ID, hanya saja di Touch ID kita menggunakan sidik jari untuk membuka kunci, sebaliknya di fitur Face ID ini kita bisa membuka kunci dengan menggunakan pengenalan wajah.

Setelah kita selesai mengatur Face ID, maka fitur ini akan secara otomatis aktif yang bisa kita gunakan untuk membuka kunci layar, mengunci aplikasi, dan lain sebainya.

Berikut cara mengunci aplikasi di iPhone menggunakan Face ID:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka menu Settings atau Pengaturan di iPhone

Langkah 2: Didalam menu Settings, silahkan scroll sedikit kebawah sampai kalian menemukan menu Face ID & Passcode.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 3: Berikutnya, buka menu Other Apps dan pilih aplikasi yang ingin di kunci.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 4: Selesai.

3. Melalui Content & Privacy Restrictions

Selain menggunakan aplikasi tambahan, kita juga bisa mengunci aplikasi di iPhone dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan yaitu Content & Privacy Restrictions.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa mengunci Aplikasi bawaan yang ada di iPhone seperti, safari, facetime, mail, dan beberapa aplikasi bawaan lainnya.

Perlu diingat kalau dengan menggunakan Content & Privacy Restrictions ini, kita hanya bisa mengunci aplikasi-aplikasi bawaan saja, artinya kita tidak bisa mengunci aplikasi yang diinstal melalui APP Store.

Bagi kalian yang penasaran bagaimana cara mengunci aplikasi di iPhone menggunakan Content & Privacy Restrictions, simak langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pertama-tama buka menu Settings di iPhone.

Langkah 2: Selanjutnya buka menu Screen Time lalu scroll sedikit kebawah sampai kalian menemukan opsi Content & Privacy Restrictions.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Langkah 3: Setelah itu masuk lagi ke menu Allowed Apps lalu disana kalian bisa mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak ingin dilindungi.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Penutup

Jadi begitulah cara mengunci aplikasi di iPhone. Kalian bisa memilih salah satu dari cara-cara yang telah mimin bahas diatas yang menurut kalian mudah dilakukan.

Walaupun ada beberapa cara mengunci aplikasi di Iphone dengan menggunakan aplikasi tambahan, mimin sarankan sebaiknya gunakan saja fitur bawaan yang sudah tersedia di iPhone.

Menurut mimin pribadi sih, cara mengunci aplikasi di iPhone yang paling mudah yaitu dengan menggunakan fitur bawaan iPhone yaitu Shorcuts.

Selain penggunaan nya yang cepat dan mudah, kita juga bisa memilih beragam aplikasi yang ingin diberi kunci agar tidak bisa diakses oleh orang lain.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *